Biodata Sakti Wahyu Trenggono Menteri KKP Pengganti Edhy Prabowo

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 23 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Profil Sakti Wahyu Trenggono, Menteri KKP yang ditunjuk Jokowi gantikan Edhy Prabowo.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menunjuk Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KKP) menggantikan menteri sebelumnya Edhy Prabowo yang terjerat kasus korupsi.

Nama Trenggono tidak asing karena dia saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Pria kelahiran Semarang, 3 November 1962 ini pernah menempuh pendidikan Teknik Industri dan Magister Manajemen di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di dunia politik, kariernya pernah diwarnai sebagai Bendahara Partai Amanat Nasional danri 2009-2013.
Ia juga pernah menjadi bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019.

Sakti Wahyu Trenggono juga merupakan seorang pengusaha. Ia adalah pendiri PT Teknologi Riset Global (TRG) Investama yang bergerak di bidang telekomunikasi, teknologi, properti, media, dan e-commerce.


Sakti Wahyu Trenggono memulai karier di Federal Motor sebagai programmer pada tahun 1986–1992 dan saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan INKUD, dan juga sebagai Komisaris di PT Tower Bersama Tbk. sejak 2009.

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Komisaris di PT Merdeka Copper Gold Tbk. mulai tahun 2018. Dia juga salah satu pengusaha lokal yang pertama bermain cloud melalui Indonesian Cloud. Pria ini juga salah satu inisiator berdirinya Asosiasi Penyedia Menara Telekomunikasi Indonesia (ASPMITEL).

Pengumuman reshuffle kabinet dilakukan Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/12/2020) petang.

Presiden mengumumkan enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju, yakni Tri Rismaharini sebagai Mensos, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menparekraf, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menag, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri KKP, dan M. Luthfi sebagai Mendag.

Dalam pengumuman itu, para menteri yang ditunjuk mengenakan kemeja putih dan jaket berwarna biru.

Sakti Wahyu Trenggono Nyatakan Siap Jadi Menteri KKP


Sakti Wahyu Trenggono mengatakan ia siap menjalankan amanah sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dipercayakan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kabinet Indonesia Maju.

"Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden atas kepercayaannya kepada saya untuk menjalankan amanah sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Indonesia Maju," kata Trenggono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (22/12/2020), seperti dikutip Antara News.

Ia melanjutkan, "Saya mohon doa dari semua lapisan masyarakat agar bisa amanah dan berkontribusi positif nantinya bagi sektor kelautan dan perikanan nasional sesuai dengan visi dan misi Bapak Presiden."

Trenggono pun berjanji akan belajar cepat untuk mengetahui isu-isu utama di sektor yang akan dikelola nantinya, kemudian memberikan solusi yang tepat agar Indonesia sebagai negara bahari dapat berjaya.

"Saya bukan orang yang pandai beretorika, saya hanya ingin segera bekerja bersama seluruh pemangku kepentingan untuk kemajuan sektor bahari. Mohon doa dari masyarakat agar kami lancar dan amanah menjalankan tugas," katanya.


Baca juga artikel terkait MENTERI JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight