Bertemu Cawagub Nurmansyah, PSI Minta Lakukan Fit and Proper Test

Oleh: Riyan Setiawan - 29 Januari 2020
Uji kelayakan secara terbuka, akan terlihat kemampuan dan visi misi dari para kandidat Cawagub DKI.
tirto.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meminta kepada Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansyah untuk mengikuti uji kelayakan (fit and proper test).

"Kami berharap Cawagub beserta fraksi pendukung menyetujui proses fit and proper test. Bila perlu terbuka," kata Ketua Fraksi PSI DPRD DKI, Ahmad Idris kepada Tirto, Rabu (29/1/2020).

Sebab, menurutnya, ketika diselenggarakan uji kelayakan secara terbuka, akan terlihat kemampuan dan visi misi dari para kandidat Cawagub.

"Kami menginginkan Wagub yang bisa kerja, sehingga melengkapi kekurangan gubernur [Anies Baswedan] yang ada," ucapnya.

Menurut PSI, kata dia, sejauh ini Nurmansyah merupakan sosok yang bersahabat, terbuka, dan memiliki pengalaman sebagai anggota DPRD selama dua periode. Namun, itu baru penilaiannya untuk sementara saja.

Ketua Umum PSI Grace Natalie pernah mengatakan, tidak akan pernah bekoalisi dengan PKS. Sedangkan Nurmansyah merupakan Cawagub usulan dari PKS.

Menanggapi hal tersebut, Idris mengatakan akan menyimpulkan hal tersebut setelah uji kelayakan, sehingga PSI dapat mengetahui visi misi dan pandangan mereka yakni pada isu toleransi, Pancasila, dan keberagaman.

"Karena prinsipnya kami tidak setuju dengan ideologi atau cara pandang siapapun calonnya yang bertentangan terhadap Pancasila," ujar dia.

Idris juga mengatakan bakal menerima kunjungan dari Cawagub usulan Gerindra, Ahmad Riza Patria Minggu depan.

"Kurang lebih, saya akan sampaikan pendapatan yang sama seperti saat bertemu Pak Nurmansyah," tuturnya.



Baca juga artikel terkait CAWAGUB DKI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali
DarkLight