Benarkah Reza Arap Selingkuh & Apa Saja Tanda Pasangan Tak Setia?

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 21 Sep 2022 10:12 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Hingga saat ini Arap masih bungkam dan belum diketahui kebenaran apakah Reza Arap selingkuh atau tidak.
tirto.id - Reza Arap ramai menjadi perbincangan netizen, bahkan menjadi trending topik di Twitter dan Google Trend pada Selasa (20/9/2022) lantaran diterpa isu perselingkuhan.

Selain nama Reza Arap, hingga Selasa malam nama Wendy Walters atau istri Arap juga menjadi trending topic di Twitter.

Isu perselinghukan yang dilakukan Arap semakin ramai menjadi perbincangan warganet lantaran Ciwen, sapaan Wendy Walters memberikan komentar terhadap cuitan salah satu warganet. Dalam cuitan tersebut netizen memberikan komentar soal kabar Reza Arap selingkuh dan mengatakan bahwa setiap perselingkuhan pasti ada penyebabnya.

“Menurut gw sih kalo bener arap selingkuh itu psti ada sebabnya. kita gatau hal apa yang dialamin arap sampe selingkuh. cowo kalo semisal sakit hati terus2an. lama2 cape gasih. tapi gw juga ga membenarkan perselingkuhan,” tulis netizen itu.

Cuitan dari netizen tersebutpun lantas mendapat tanggapan dari Ciwen yang mengatakan bahwa ia sudah berusaha untuk menjadi istri yang baik.

“Apa iya ada alasan yang cukup menjustifikasi perselingkuhan di saat perempuan udah berusaha jadi istri yang baik, diem di rumah dan ga macem-macem,” tulis Wendy Walters atau Ciwen melalui akun Twitternya, Selasa (20/9/2022).

Ciwen juga mengatakan bahwa yang menjadi kunci hubungan adalah komunikasi yang intens antara suami dan istri, bukan selingkuh.

“Apa iya cape hati bisa sembuh dengan f**k around? Bukannya kunci hubungan itu komunikasi? bukan f**k around,” pungkasnya.

Meski begitu, hingga saat ini Arap masih bungkam dan belum diketahui kebenaran apakah Reza Arap selingkuh atau tidak.

Lantas apa sebenarnya tanda pasangan selingkuh atau tidak setia?

Apa saja tanda pasangan selingkuh



Psikolog dari Universitas Indonesia A. Kasandra Putranto menjelaskan bahwa ada beberapa perilaku tak biasa yang dapat menjadi tanda bahwa seseorang selingkuh dari pasangannya.

"Biasanya tanda-tanda pasangan selingkuh bisa ditemukan dari naluri, kata hati, dan juga pikiran saat menyadari ada yang salah dengan pasangan kita," kata Kasandra seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu, tanda-tanda umum adanya perselingkuhan dalam hubungan di antaranya,

1. Pasangan memberikan kasih sayang yang tak biasa dan berlebihan secara tiba-tiba

"Ini bisa terjadi misalnya saat si dia yang biasanya cuek dan tidak terlalu menunjukkan kasih sayang secara nyata, tiba-tiba jadi orang yang paling romantis di dunia," ujar Kasandra.

2. Pasangan menjelek-jelekkan seseorang secara tiba-tiba

Menurut Kasandra, perilaku tersebut merupakan cara untuk menutupi kesalahan dan mengurangi rasa curiga pasangannya.

"Pasangan yang selingkuh bisa tiba-tiba menjelekkan atau merendahkan orang lain karena orang tersebut adalah saksi mata atau yang mengetahui dia berselingkuh," tambah Kasandra.

3. Sering mengangkat telepon sembunyi-sembunyi

Tak jarang pasangan yang berselingkuh akan mengangkat telepon secara sembunyi-sembunyi. Bahkan sering kali handphone akan dibawa kemanapun ia pergi termasuk ke kamar mandi.

4. Meningkat atau menurunnya hubungan seksual

Meningkat atau menurunnya hubungan seksual juga bisa menjadi tanda pasangan selingkuh. Bila biasanya hubungan seksual dilakukan seminggu 1 kali atau seminggu 2 kali bahkan bisa lebih sering maupun jarang bisa manjadi indikasi perselingkuhan.

Tak jarang pasangan yang berselingkuh akan berusaha menutupi perselingkuhan dengan hubungan seksual yang lebih sering untuk memuaskan pasangan atau bisa jadi justru sebaliknya menjadi lebih cuek dan lebih jarang melakukan hubungan seksual.

5. Pasangan menjadi tiba-tiba sibuk

Tak sedikit pasangan yang berselingkuh tiba-tiba menjadi lebih sibuk untuk menghabiskan waktu bersama selingkuhannya di luar rumah. Alasan rapat hingga perjalanan dinas keluar kota juga kerap kali digunakan agar pasangan bisa melakukan perselingkuhan.

Menurut Kasandra, alasan seseorang melakukan perselingkuhan di antaranya adanya kecemasan menghadapi masa transisi seperti memiliki anak pertama, anak memasuki usia remaja, anak yang telah dewasa dan mulai meninggalkan rumah, dan memasuki masa pensiun.

Perselingkuhan juga dapat terjadi sebagai pelarian dari pernikahan yang tidak membahagiakan, tidak tercapainya harapan dalam pernikahan, perasaan kesepian, kebutuhan seks yang tidak terpenuhi dalam pernikahan, ketidakhadiran pasangan baik secara fisik maupun emosional, dan terbukanya kesempatan untuk melakukan perselingkuhan seperti mudah bertemu lawan jenis di tempat kerja.

"Selain itu, perselingkuhan sudah sering terjadi dalam keluarga besar sehingga memudarnya nilai-nilai kesetiaan," tambah Kasandra.

Kasandra juga mengingatkan bahwa jika seseorang sudah pernah selingkuh maka dia memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar untuk kembali selingkuh dibandingkan yang belum pernah.

"Artinya, orang yang pernah selingkuh di masa lalu akan memiliki kemungkinan untuk selingkuh lagi di masa depan," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight