Periksa Fakta

Benarkah Ada Petugas PLN Tersetrum Listrik di Cibinong?

Fact Check video petugas PLN tersetrum
Header Periksa Fakta. tirto.id/Quita
Oleh: Frendy Kurniawan - 7 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Aduh, itu sih kejadian di India.
tirto.id - Di tengah kasus padamnya listrik di sebagian wilayah Jawa-Bali pada 4 Agustus 2019, sebuah video di Youtube muncul mengklaim adanya kecelakaan petugas Perusahaan Listrik Negara (PLN) tersetrum saat sedang memperbaiki gardu listrik di Cibinong.

Video sepanjang 27 detik itu diunggah akun bernama “CHANEL SPECIAL VIRAL” pada 5 Agustus 2019 (arsip). Benarkah kejadian tersebut?



FAKTA

Dengan menggunakan aplikasi Youtube DataViewer milik Amnesty International, reverse image atas video itu menunjukkan fakta lain. Kejadiannya bukan di Cibinong, Bogor, melainkan di Biswanath Chariali, negara bagian Assam, India.

Sebuah situsweb berita di India, sentinelassam.com menulis pada 26 Juni 2019: “pekerja Assam State Electricity Board (ASEB) meninggal setelah tersengat listrik saat melakukan pekerjaan perbaikan pada sebuah tiang listrik di Biswanath Chariali hari ini pagi ini. Diidentifikasi sebagai Robin Das [korban] sedang mengerjakan perbaikan saluran listrik 11 KV [...] ketika tiba-tiba terjebak di tengah-tengah tiang listrik dan tubuhnya terbakar."

Portal-portal berita setempat yang lain pun memberi informasi serupa. Misalnya guwahatiplus.com atau time8.in. Kejadian itu membuat penduduk setempat menganggap manajemen dan otoritas setempat lemah dalam menjalankan keamanan dalam bekerja dan harus bertanggung jawab atas peristiwa itu.

Sementara itu, akun Youtube “CHANEL SPECIAL VIRAL” bisa jadi mengunggah video tersebut dengan memanfaatkan ramainya situasi terkini. Keramaian pemberitaan dan percakapan di media sosial atas kasus padamnya listrik di sebagian wilayah Jawa-Bali pada 4 Agustus 2019 tentu mempermudah perhatian orang terhadap akun itu. Banyaknya orang juga menjadi salah satu faktor yang membuat suatu akun Youtube memiliki nilai keuntungan ekonomi.

KESIMPULAN


Melalui pemeriksaan fakta ini, kami dapat menyimpulkan bahwa video kecelakaan petugas PLN karena tersetrum saat sedang memperbaiki gardu listrik di Cibinong adalah informasi yang keliru.

Kejadian dalam video bukan di Cibinong, Bogor, melainkan terjadi di wilayah Biswanath Chariali, negara bagian Assam, India, pada 26 Juni 2019. Seorang pekerja Assam State Electricity Board (ASEB) tewas saat melakukan pekerjaan perbaikan pada sebuah tiang listrik.

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Frendy Kurniawan
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Frendy Kurniawan
Editor: Maulida Sri Handayani
DarkLight