Periksa Fakta

Benarkah Ada Bantuan Minyak Goreng Gratis di Akhir Februari 2022?

Penulis: Fina Nailur Rohmah - 26 Feb 2022 08:00 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Penyaluran minyak goreng gratis dilakukan di Madiun dan Garut.
tirto.id - Sebuah unggahan di media sosial Facebook oleh akun AaDudhy T M pada medio Februari ini menunjukkan gambar kemasan minyak goreng berjejeran. Akun tersebut berujar, “Pemberitahuan kepada seluruh warga Indonesia; Akhir bulan ini akan ada bantuan minyak goreng gratis di setiap desa/kelurahan.”

Selanjutnya, akun itu juga menambahkan “masing2 per KK akan dpat jatah 5 bungkus minyak goreng kemasan 1 kg. Jangan sampai ketinggalan ya kunjungi BaLai desa masing-masing pada 29-31 Februari 2022. Ingat ya hanya 3 hari saja. Terimakasih.”

Per 23 Februari 2022, unggahan akun Facebook AaDudhy T M telah disukai 213 orang dan dibagikan sebanyak seribu kali.

Periksa Fakta Bantuan Minyak Goreng Gratis
Periksa Fakta Bantuan Minyak Goreng Gratis di Akhir Februari 2022. (Screenshot/Facebook/AaDudhy T M)


Narasi yang berkaitan dengan minyak goreng menjadi ramai setelah adanya penyerbuan minyak goreng di berbagai daerah, seperti dilaporkan Liputan 6. Hal itu terjadi lantaran langkanya stok minyak goreng menyusul kebijakan pemerintah terkait Harga Eceran Tertinggi (HET) dan kemunculan kabar penimbunan minyak goreng oleh beberapa pelaku usaha.

Mengenai HET, pada 26 Januari 2022, Menteri Perdagangan melalui Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 menetapkan HET minyak goreng sawit sebesar Rp14 ribu per liter untuk minyak goreng kemasan premium, dan Rp13.500 per liter untuk minyak goreng kemasan sederhana. Adapun HET untuk minyak goreng curah adalah Rp11.500 per liter.

Lantas, benarkah ada pembagian bantuan minyak goreng gratis ke setiap desa atau kelurahan berkaitan dengan kondisi langkanya minyak goreng?

Penelusuran Fakta



Pertama, penting dicermati bahwa unggahan tersebut mencantumkan tanggal 29-31 Februari 2022, padahal bulan Februari tahun ini berakhir pada tanggal 28. Begitu pula pada tahun-tahun yang lain, bulan Februari berkisar antara 28 atau 29 hari saat tahun kabisat. Namun, tahun kabisat hanya terjadi empat tahun sekali.

Berikutnya, Tirto melakukan pencarian Google tentang bantuan minyak goreng gratis sebab tidak adanya informasi detail mengenai nama desa atau kelurahan dalam unggahan tersebut. Kami menemukan lansiran TVOne pada 19 Februari 2022 yang menyatakan, Walikota Madiun, Maidi membagikan minyak goreng gratis ke warung dan pedagang gorengan.

Pembagian minyak goreng ini, masih bersumber dari TVOne, dilakukan Maidi di sepanjang jalan Mayjend Sungkono, Jalan Cenderawasih, hingga Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Selain minyak goreng, Maidi juga menyalurkan sembako berupa beras dan gula.

Sedikit catatan, Maidi juga mengimbau masyarakat, khususnya ibu-ibu, untuk tidak panic buying atau membeli secara berlebihan yang didasari rasa panik dalam menyikapi kelangkaan minyak goreng. Pernyataan itu disiarkan Pemerintah Kota Madiun melalui lamannya. Mengutip laman tersebut, Maidi memastikan untuk terus melakukan operasi pasar.

Operasi pasar menyediakan minyak goreng dengan harga murah dan dilakukan pula di sejumlah daerah lain, salah satunya Pekalongan. Wali Kota Pekalongan A. Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan, operasi pasar dilakukan untuk mengatasi tingginya harga dan kelangkaan stok minyak goreng kemasan di pasaran. Kegiatan itu juga membantu masyarakat untuk bisa membeli minyak goreng dengan harga terjangkau, dilansir dari portal resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (22/2/2022).

Lebih lanjut seputar operasi pasar, mengutip siaran pers Kementerian Perdagangan (22/2/2022), Kementerian Perdagangan bersama Wilmar Group dan Kepolisian Daerah Jawa Barat telah menggelar operasi pasar minyak goreng kemasan premium di ritel modern di Kota Bandung. Di samping itu, Kemendag juga telah melakukan operasi pasar minyak goreng curah di Kota Sukabumi.

Masih dari sumber yang sama, jumlah yang sudah disalurkan Kemendag mencapai 22.800 liter minyak goreng. Dari seluruh minyak goreng itu, sejumlah 12.000 liter minyak goreng kemasan premium dijual langsung ke masyarakat seharga Rp14 ribu, sementara 10.800 liter minyak goreng curah diberikan ke Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede untuk dijual ke 113 pengecer dengan harga Rp10.500 per liter.

Pemerintah juga menyatakan untuk terus melakukan operasi pasar minyak goreng curah dan kemasan di seluruh provinsi di Indonesia setakat menjelang Idul Fitri 2022.

Tirto kemudian melakukan penelusuran lanjutan tentang penyaluran minyak goreng gratis. Program tersebut nampaknya akan dilakukan juga di Garut, Provinsi Jawa Barat. Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut menuturkan akan memberikan minyak goreng gratis bagi para Lanjut Usia (Lansia) yang melaksanakan vaksinasi dosis ke-2.

“Kita (akan) naikin terus (capaian vaksinasi dosis 2) secepatnya, jadi sekarang kita akan gencarkan, mulai minggu depan TNI, Polri dan pemerintah daerah mungkin akan memberikan suatu perangsang kepada terutama lansia, lansia yang (melaksanakan vaksinasi) dosis 2 itu akan kita kasih minyak goreng, minggu depanlah nanti dari Satgas COVID-19,” terang Bupati Garut Rudy Gunawan (18/2/2022), menukil dari laman Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Kami lalu mengunggah foto yang ditunjukkan akun AaDudhy T M ke situs pencari foto asal Rusia, YanDex dan mencoba mencari keterkaitan gambar dengan narasi pembagian minyak goreng gratis.

Melalui penelusuran ini, kami menemukan foto tersebut di beberapa situs seperti Dunia Fintech, Warta Ringan, Indonesia Today, Netral News, dan Kepri Satu. Kendati demikian, tidak ada satupun pembahasan terkait distribusi minyak gratis.

Pada laman keprisatu.com bertanggal 10 Januari 2022 misalnya, berita itu menyiarkan tentang dukungan dari Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, dan ESDM Kabupaten Karimun terhadap rencana pemerintah pusat untuk menggelontorkan Rp3,6 triliun dalam rangka mensubsidi harga minyak goreng dengan harga jual Rp 14 ribu perliter.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran fakta yang telah dilakukan, penyaluran minyak goreng gratis dilakukan di Madiun dan Garut. Pembagian minyak goreng di Garut tersebut diberikan kepada kelompok lansia yang telah melakukan vaksinasi kedua. Sementara di daerah-daerah lain di seluruh provinsi di Indonesia, pemerintah pusat akan menyelenggarakan operasi pasar hingga jelang Idul Fitri 2022. Hal itu dilakukan untuk mengatasi tingginya harga dan kelangkaan stok minyak goreng kemasan. Dengan demikian, narasi pembagian minyak gratis tanpa menyebut daerah spesifik dengan keterangan tanggal 29-31 Februari 2022 dalam unggahan AaDudhy T M berpotensi menyesatkan tanpa tambahan catatan tertentu (missing context).

==============

Tirto mengundang pembaca untuk mengirimkan informasi-informasi yang berpotensi hoaks ke alamat email factcheck@tirto.id atau nomor aduan WhatsApp +6287777979487 (tautan). Apabila terdapat sanggahan atau pun masukan terhadap artikel-artikel periksa fakta maupun periksa data, pembaca dapat mengirimkannya ke alamat email tersebut.

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Fina Nailur Rohmah
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Fina Nailur Rohmah
Editor: Nuran Wibisono

DarkLight