Bek Sayap PSM Berharap Pengganti Robert Alberts Punya Prinsip Juara

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Januari 2019
Asnawi berharap pengganti Robert Alberts punya prinsip membawa PSM Makassar meraih trofi juara.
tirto.id - Bek sayap PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar mengungkapkan kriteria yang dinginkannya terhadap calon pelatih pengganti Robert Alberts. Pelatih asal Belanda itu telah resmi mengundurkan diri dari PSM lantaran ingin fokus melakukan penyembuhan penyakitnya.

Menurut Asnawi, pelatih baru PSM harus punya mental juara. Apalagi Juku Eja punya beban berat untuk mengobati kegagalan juara Liga 1 musim lalu.

"Kalau saya berharap pelatih bisa menentukan pemain yang bermain dan punya prinsip juara pada musim ini," kata Asnawi pada sela-sela latihan Timnas U-22 di Lapangan ABC Senayan seperti dilansir Goal, Senin (14/1/2019).

PSM memang hampir keluar sebagai juara Liga 1 2018, lantaran terus berhasil mengkudeta Persib dan bertahan di puncak klasemen sampai menjelang akhir musim. Sayangnya, pada pekan-pekan krusial, Juku Eja disalip Persija. Jadilah mereka harus puas dengan posisi runner-up, lantaran capaian poinnya (61) satu angka lebih sedikit dibanding Macan Kemayoran.


Terlepas dari siapapun pengganti Robert Alberts, Asnawi yakin pelatih baru tersebut akan menghadirkan perbedaan.

"Mungkin ada sedikit perubahan. Karena pelatih ada perbedaan dalam menerapkan permainan, harus profesional," tandasnya.

Robert Alberts sendiri pertama mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi kepala pelatih pada Sabtu (12/1/2019). Kabar tersebut mengejutkan publik lantaran diumumkan Alberts lewat akun Instagram sebelum manajemen Juku Eja membuka ke publik.

PSM akhirnya mengklarifikasi kebenaran mundurnya Alberts pada Minggu (13/1/2019). CEO PSM, Munafri Arifuddin menghormati pilihan tersebut, dan berharap Alberts segera diberi kesembuhan untuk penyakitnya.

"Kami semua sayang Robert [Alberts]. Dia meninggalkan sesuatu yang sangat besar untuk PSM. Kami semua harus menghargai keputusannya untuk fokus memulihkan kesehatan," kata Munafri.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan