Menuju konten utama

Beda Cara Hitung Masa Kedaluwarsa Produk Kecantikan Lipstik & Bedak

Cara menghitung masa kedaluwarsa produk kecantikan

Beda Cara Hitung Masa Kedaluwarsa Produk Kecantikan Lipstik & Bedak
Ilustrasi produk kosmetik. Getty Images/iStockphoto

tirto.id - Produk kecantikan juga memiliki tanggal kedaluwarsa dan menurut pakar, masa berlakunya dihitung sejak kemasan dibuka. Hal tersebut disampaikan oleh makeup artist profesional, Philip Kwok.

Ia menjelaskan, banyak orang salah sangka perihal masalah ini dengan hanya terpaku pada tanggal yang tertulis pada produk saja.

"Jangan hanya terpaku dengan tulisanexpireditu, karena kadang hal itu dibuat ketika produk didaftarkan.Expiredyang sebenarnya itu, pas kita buka tutupnya," kata Philip dalam peluncuran "The One Colour Stylist Ultimate Lipstick Oriflame" di Jakarta, sebagaimana diwartakan Antara.

Ia menyebut, produk kecantikan biasanya tidak akan bertahan lama ketika sudah dibuka. Makanya, setiap orang perlu memberi label pada produk mereka agar tidak lupa kapan pertama kali dibuka.

"Misalnya lipstik, kan kalau kita mau pakai, kita buka tutupnya dulu. Nah, ketika kita buka tutup lipstik itu, di situlah masaexpired-nya berlaku," ujarnya.

"Lipstik itu kalau udah dibuka paling lama bertahannya cuma 12 bulan, maskara enam bulanan. Yang paling lama itu yang kayakpowdergitu. Biasanya di kemasan ada gambar yang kayak produk dibuka terus keterangannya berapa bulan," jelasnya.

Philip juga menyarankan untuk lebih berhati-hati dalam membeli produk kosmetik atau kecantikan, khususnya melalui penjualanonline.

"Saran sih kalau mau beli kosmetik mending langsung, janganonline. Karena kita enggak tahu kan itu kedaluwarsanya kapan. Efeknya tuh bisa jamuran, gatel dan bahaya," ujar Philip.

Baca juga artikel terkait KOSMETIK

tirto.id - Gaya hidup
Sumber: Antara
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Maya Saputri