Beda Apple Pencil Generasi 1 dan 2, Termasuk Cara Mengisi Dayanya

Oleh: Adrian Samudro - 14 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Apple Pencil generasi pertama dan kedua memiliki sejumlah perbedaan, termasuk dalam mekanisme pengisian dayanya.
tirto.id - Pada 2015, Apple Inc meluncurkan stylus pertama buatannya, Apple Pencil. Alat ini merupakan aksesoris penunjang pemakaian fitur yang ada di perangkat iPad dan iPad Pro.

Dengan kata lain, Apple Pencil digunakan sebagai pengganti jari untuk mengoperasikan sejumlah fitur di iPad dan iPad Pro, termasuk menulis, menggambar dan sebagai alat navigasi atau pointer.

Secara teknis, aksesoris ini bekerja layaknya sebuah pensil untuk menulis di secarik kertas. Hanya saja, Apple Pencil digunakan pada iPad sebagai mediumnya.

Kini, Apple Pencil memiliki dua versi yakni generasi pertama (2015) dan generasi kedua yang dirilis pada 2018. Keduanya memiliki desain, cara pakai dan mekanisme charging yang berbeda.

Desain Apple Pencil generasi pertama lebih membulat ketimbang generasi kedua. Pada ujungnya, terdapat bagian yang dapat dibuka tutup dan berisikan Lightning.

Adapun lightning berfungsi untuk menghubungkan Apple Pencil ke perangkat iPad, yang sekaligus digunakan sebagai sambungan untuk pengisian daya.

Penggunaan Apple Pencil generasi pertama pun terbilang mudah, cukup dengan membuka tutup di bagian ujungnya. Lalu tancapkan Apple Pencil ke dalam konektor lightning di perangkat iPad.

Pengguna dapat mengisi daya menggunakan USB Power Adapter yang tersambung dengan charger Apple Pencil yang disertakan dalam paket pembelian. Sebagai catatan, pengisian daya akan lebih cepat ketika disambungkan dengan charger tersebut.

Sementara Apple Pencil generasi kedua memiliki bagian yang rata pada dua sisinya. Desain seperti ini diselaraskan dengan peningkatan kemampuan charging-nya yang sudah lebih canggih.

Apple Pencil generasi kedua dapat menempel secara magnetis dan secara khusus didesain sangat kompatibel untuk dipasangkan ke bagian samping iPad Pro.

Setelah menempel, Apple Pencil otomatis dipasangkan dengan perangkat tersebut sekaligus juga dapat melakukan pengisian daya. Namun, pengguna harus memastikan Bluetooth dalam keadaan menyala.

Apabila ingin mengetahui atau melihat seberapa banyak sisa daya Apple Pencil untuk kedua versi tersebut, pengguna bisa memeriksa tampilan Widget yang ada di perangkat iPad.

Dengan desain dan teknologi yang tidak sama, kedua versi ini pun masing-masing diperuntukkan bagi sejumlah perangkat iPad yang berbeda pula.

Apple Pencil generasi pertama kompatibel dengan iPad lawas seperti iPad Air (generasi ke-3), iPad mini (generasi ke-5), iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-1 dan ke-2), dan iPad Pro 10,5 inci.

Sedangkan Apple Pencil generasi kedua dapat digunakan pada model iPad lebih baru, seperti iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-3) dan iPad Pro 11 inci.


Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Addi M Idhom
DarkLight