Balapan WSBK Dimulai, Polisi Sekat Jalur Masuk Sirkuit Mandalika

Reporter: - 19 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Lebih dari dua ribu aparat gabungan Polri, TNI dan Dinas Perhubungan diterjunkan dalam pengamanan kegiatan WSBK di Sirkuit Mandalika.
tirto.id - Balapan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai berlangsung hari ini, Jumat (19/11/2021). Kepolisian menyekat jalan masuk menuju area balapan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Berdasar pantauan Antara, aparat gabungan TNI, Polri dan Dinas Perhubungan disebar ke beberapa titik untuk melakukan penjagaan. Jalan keluar dan masuk Bandara Lombok mulai dijaga aparat, termasuk jalan bypass menuju Mandalika.

Setiap pengendara mobil dan motor yang akan masuk melalui jalur bypass Kuta, tepatnya di Bundaran simpang tiga kuta, harus menunjukkan kartu VIP. Bagi yang tidak memiliki kartu VIP, mereka diarahkan menuju parkiran yang telah disiapkan di area Masjid Nurul Bilad.

Begitu juga dengan kendaraan yang datang melalui jalan bypass Bandara Lombok, mereka tidak bisa masuk menuju sirkuit kalau tidak memiliki kartu VIP. Mereka diarahkan ke area parkir sisi timur Sirkuit di Pantai Ann.

"Harus ada kartu VIP pak baru bisa masuk ke jalan menuju Sirkuit. Kalau tidak ada silahkan ke parkiran," kata salah seorang petugas yang berjaga.

Selain itu beberapa pengendara yang merupakan warga setempat atau yang bekerja di KEK Mandalika Resort tetap diperbolehkan melintas setelah menunjukkan identitas .

Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menerapkan penjagaan berlapis pada ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok.

"Semua jalur masuk sudah diatur baik yang masuk dari jalan Bypass Bandara Lombok atau dari arah Barat dan timur, serta pengunjung yang menginap juga sudah disimulasikan tekhnik pengamanannya," kata Kapolda NTB Irjen Moh Iqbal di Praya, Lombok Tengah, Jumat.

"Kami akan menggelar operasi mandiri kewilayahan dengan sandi Mandalika Rinjani 2021," imbuhnya.

Jumlah personel yang dilibatkan lebih dari dua ribu dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan.

"Dalam pengamanan itu didukung dengan sarana dan prasarana berupa dua kapal dan satu Heli dari Korpolairud Baharkam Polri dan Heli dari Basarnas," kata dia.


Baca juga artikel terkait WSBK MANDALIKA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight