Bahan Alami untuk Atasi Bisul dari Bawang Putih hingga Kunyit

Oleh: Yonada Nancy - 17 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara menyembuhkan bisul dengan bahan-bahan alami dapat menggunakan bawang putih ataupun kunyit.
tirto.id - Salah satu infeksi kulit yang sangat mengganggu adalah bisul. Infeksi ini dapat menyebabkan benjolan kemerahan di permukaan kulit dan sakit bila disentuh. Dilansir dari WebMD, Kebanyakan bisul disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Bakteri ini memasuki tubuh melalui goresan kecil atau luka di kulit yang dapat merambat ke rambut hingga ke folikel.

Pada awalnya, kulit menjadi merah di daerah infeksi dan benjolan lembut mulai tumbuh. Setelah empat hingga tujuh hari, benjolan mulai memutih akibat nanah yang terkumpul di bawah kulit. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan, apalagi bisul seringkali tumbuh di area yang rawan tersentuh seperti wajah, leher, ketiak, bahu, atau pantat.

Mengobati bisul bisa dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan obat-obatan dan secara alami. Pada dasarnya bisul disebabkan oleh bakteri, oleh karena itu biasanya dokter akan memberikan sejumlah obat-obatan yang mengandung antibiotik dan antibakteri baik dalam bentuk tablet, sirup, maupun salep. Cara yang kedua dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung antibakteria. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dicoba untuk mengatasi bisul.

Bawang putih

Bawang putih telah dipercaya oleh banyak ahli sebagai bahan yang memiliki kandungan antibakterial yang baik. Menurut laporan dari The Healthy, zat yang terkandung dalam bawang putih mampu menyembuhkan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni bawang putih dihaluskan lalu ditempelkan pada bisul selama 10 hingga 30 menit sebanyak satu sampai dua kali sehari.

Kunyit

Tumbuhan lain yang juga memiliki kandungan antibakterial adalah kunyit. Dilansir dari Healthline, selain memiliki kemampuan membunuh bakteri, kunyit juga mengandung zat anti-inflamasi. Kedua kandungan inilah yang membuat kunyit dipercaya mampu membantu menyembuhkan bisul dan menyusutkannnya dengan cepat. Kunyit telah digunakan sebagai pembersih darah alami selama ribuan tahun dalam pengobatan di negara-negara Timur.

Minyak jarak

Dikutip dari Healthline, kandungan senyawa asam risinoleat pada minyak jarak, membuat bahan ini memiliki kemampuan anti-inflamasi alami yang kuat. Senyawa ini juga dikombinasikan dengan sifat antibakteri yang kuat sehingga membuat minyak jarak menjadi pengobatan alami yang bagus untuk bisul. Cara pengaplikasiannya yakni dengan mengoleskan sedikit minyak jarak langsung ke bisul sebanyak tiga kali sehari sampai bisul menghilang.

Air hangat

Bisul diperparah akibat sirkulasi darah dalam pembuluh tidak lancar. Sementara itu, suhu panas dapat meningkatkan sirkulasi dan membawa lebih banyak sel darah putih serta antibodi di daerah infeksi. Air hangat bisa menjadi salah satu pengobatan natural untuk bisul. Caranya dengan merendam kain atau handuk pada air hangat lalu mengompresnya pada area bisul hingga pembengkakan hilang.

Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil cukup populer digunakan sebagai bahan kosemetik beberapa tahun terakhir. Dilansir dari Greatist, bahan ini ternyata mengandung senyawa antibakterial dan antiseptik, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi kulit termasuk bisul. Cara penggunaannya adalah dengan mengusapkan tea tree oil di atas area infeksi secukupnya selama dua kali sehari hingga bisul menghilang.

Baca juga artikel terkait BISUL atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Agung DH
DarkLight