Bagi Publik, Ahok Lebih Mampu Atasi Banjir ketimbang Jokowi & Anies

Oleh: Riyan Setiawan - 16 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Publik menilai Gubernur DKI paling beres mengatasi banjir adalah Ahok. Anies ada di posisi ketiga setelah Jokowi.
tirto.id - Menurut survei terbaru Indo Barometer, publik menilai Gubernur DKI Jakarta yang paling sukses mengatasi masalah banjir adalah Basuki Tjahaja Purnama alias BTP alias Ahok. Ia bahkan mengalahkan gubernur saat ini, Anies Baswedan.

"Untuk masalah banjir, Gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama sebesar 42 persen, disusul Joko Widodo 25 persen, dan Anies Baswedan 4,1 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari di Jakarta Selatan, ahad (16/2/2020).

Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2012 sampai Oktober 2014. Ia digantikan Ahok sampai Mei 2017. Sebelum Anies menjabat pada Oktober 2017, posisi Gubernur DKI sempat diisi Djarot Saiful Hidayat.

Survei digelar pada 9 sampai 15 Januari 2020 lalu. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan 1.200 responden. Margin of error sebesar kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Anies dan Ahok memang kerap dibanding-bandingkan karena keduanya adalah lawan di Pilkada DKI Jakarta 2017. Saat banjir besar melanda Jakarta awal tahun lalu, publik lagi-lagi mengungkit bagaimana Ahok mengatasi banjir.

Salah satu yang viral di media sosial adalah gambar perbandingan sebaran titik banjir di Jakarta era Anies dan Ahok. Pada era Ahok tergambar peta Jakarta dengan beberapa titik merah tanda banjir. Pada era Anies titik hanya satu, tapi itu digambarkan sangat besar sampai-sampai menutupi seluruh Jakarta.

Ahok pernah mengatakan titik rawan banjir hanya 80 pada Februari 2017. Ini adalah pencapaian karena menurutnya "ada sekitar 2.200 lokasi banjir waktu kami (Ahok dan Jokowi) baru masuk (menjabat Gubernur-Wakil Gubernur DKI)." "Terus tahun lalu tinggal 400an titik banjir. Bulan ini, sebelum naik lagi, tinggal 80 titik saja."

Anies juga dianggap tidak pernah mengungguli Ahok dan Jokowi di bidang lain.

Soal pendidikan misalnya. Jokowi dianggap paling berhasil dengan perolehan suara 35,1 persen, disusul Anies 25,3 persen, dan Ahok 15,3 persen. Jokowi juga dianggap paling sukses di sektor kesehatan. Angkanya mencapai 35,7 persen. Di bawahnya ada Anies (20,4 persen) dan Ahok (11,3 persen).

"Masalah ekonomi, gubernur yang dianggap paling berhasil adalah Jokowi 33,8 persen, disusul Basuki Tjahaja Purnama 18,4 persen, dan Anies Baswedan 18 persen," kata Qodari.


Baca juga artikel terkait BANJIR DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Rio Apinino
DarkLight