Bagaimana Cara Agar Sepatu Tak Menjadi Media Penularan Covid-19?

Oleh: Alexander Haryanto - 31 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah tips agar sepatu tidak menjadi media penyebaran virus Covid-19.
tirto.id - Virus Covid-19 dikabarkan bisa menempel pada sol sepatu, salah satunya seperti yang terjadi pada petugas kesehatan di rumah sakit di Wuhan, China, demikian seperti diwartakan Antara.

Terkait dengan fenomena sepatu yang bisa menjadi media penularan ini. Para ahli kesehatan memberikan tips agar sepatu tetap bersih dan terhindar dari kuman bakteri atau virus.

Ahli kesehatan mengatakan, sebaiknya untuk menyimpan alas kaki, seperti sepatu dan sandal jauh dari rumah.

Sebab, bagian bawah sepatu bisa menjadi tempat penyebaran kuman dan virus, begitu kata Mary E. Schmidt, professor of Clinical Medicine di Virginia Commonwealth University.

"Rekomendasi saya memilih sepasang sepatu yang mudah untuk dilepas dan ditinggal di pintu depan," kata Schmidt.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan sepatu seperti dilansir dari Business Insider:

1. Letakan sepatu secara terpisah

Untuk menghindari kuman yang dibawa oleh sepatu, Anda bisa menyimpannya secara terpisah di luar rumah atau di keranjang dekat pintu agar mengisolasi kuman.

“Tindakan yang baik untuk meninggalkan sepatu di dekat pintu. Ini juga untuk menjaga lantai tetap bersih terutama jika ada anak kecil di rumah yang cenderung bermain di lantai," kata Spesialis kesehatan masyarakat, Carol Winner.

2. Pilih sepatu yang gampang dibersihkan

Berdasarkan hasil studi, virus corona bisa hidup di plastik sampai tiga hari lamanya, maka daripada itu, pilihlah sepatu yang mudah didesinfeksi dengan sabun, air, dan tisu, terutama selama pandemi Covid-19 ini.

3. Bersihkan sepatu sebelum disinfektan

Walaupun ahli medis mengatakan sabun dan air bisa membunuh virus corona, tetapi lebih disarankan agar menggunakan semprotan disinfektan dan alkohol, terutama saat hendak membersihkan sepatu.

"Jika Anda akan mendisinfeksi sepatu Anda, selalu bersihkan dulu (sepatu)," kata pakar racun lingkungan, Tonya Harris.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kotoran dari sol dan sisi sepatu. Menurut Harris, lebih baik menggunakan alat-alat seperti sikat gigi bekas. Tujuannya untuk memastikan sepatu bersih sebelum menggunakan alkohol atau zat pembunuh kuman lainnya.

4. Pakai mesin cuci

Meskipun para ahli setuju sol sepatu bisa membawa virus. Namun, menurut Harris, penting untuk memikirkan kuman apa yang bisa berada di bagian atas sepatu.

Maka daripada itu, apabila memungkinkan, cucilah dengan mesin cuci. Jangan lupa untuk menggunakan pengaturan mesin terhangat agar efektif membunuh kuman.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight