Bacaan Doa Gerhana Bulan Total untuk Ibu Hamil Lengkap

Penulis: Maria Ulfa, tirto.id - 8 Nov 2022 12:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini adalah beberapa doa gerhana bulan untuk ibu hamil saat gerhana bulan total yang dapat diamalkan.
tirto.id - Bacaan doa gerhana bulan untuk ibu hamil ramai dipertanyakan usai munculnya rumor yang mengatakan ibu hamil dilarang melihat gerhana bulan total.

Namun, hal itu disebut hoaks oleh Ketua Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur KH Shofiyulloh alias Gus Shofi, demikian seperti dikutip NU Online.

Menurutnya, gerhana bulan tidak memengaruhi kesehatan apabila disaksikan dengan mata telanjang, termasuk bagi perempuan yang tengah hamil.


Sementara itu, LFNU telah menyampaikan bahwa pada hari ini, Selasa (8/11/2022) yang bertepatan dengan 13 Rabul Akhir 1444 H akan terjadi gerhana bulan total.

Yang mana, gerhana ini akan terjadi selama 3 jam 39 menit 49 detik dilihat dari Indonesia dengan perkiraan waktu awal pada pukul 16.09 WIB dan waktu awal gerhana total pada 17.16 WIB.

Kemudian, gerhana bulan total tersebut diperkirakan berakhir pada 18.41 WIB dan akan selesai pada 19.49 WIB.

Bacaan Doa Gerhana Bulan Total untuk Ibu Hamil


Sebenarnya, tidak ada doa khusus untuk ibu hamil saat terjadi gerhana bulan total. Doa yang bisa dilakukan oleh ibu hamil saat munculnya gerhana bulan adalah memohon kepada Allah SWT untuk kesehatan badan dan janin saat mengandung.

Berikut ini adalah beberapa doa gerhana bulan untuk ibu hamil yang dapat diamalkan:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Alhamdulillahi rabbil 'aalamiin. Hamdan yuwafi ni'amahuu wa yukaafiu maziidah. Yaa rabbanaa lakal hamdu wa lakasy syukru kamaa yambaghii lijalaali wajhikal 'adhiimi sulthoonik

Artinya:
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ

وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wad dunyaa wal aakhiroh wa 'aafiyata filjasadi wa shihhata fil badani waziyaadatan fil 'ilmi wa barakatan fir rizqi wataubatan qablal mauuti wa rakhmatan 'indal mauuti wa maghfiratan ba'dal mauuti. Allahumma hawwin 'alainaa fii sakaratil mauuti wan najaata minan naari wal 'afwa 'indal hisaab

Artinya:
Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab.

Selain itu, kembali mengutip NU Online, bagi ibu yang sedang hamil, juga dianjurkan untuk banyak membaca doa berikut ini:

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

Wallahu ahrajakum mim buthuni ummahatikum taratan ukhra.

Artinya:
Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).


Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora

DarkLight