Baca Komik One Piece 1001 di MangaPlus: Prediksi Supernova vs Yonko

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Baca Komik One Piece Chapter 1.001 di MangaPlus mulai Minggu, 17 Januari 2021. Bagaimana kelanjutan pertarungan 5 Supernova vs Big Mom dan Kaido?
tirto.id - Komik One Piece Chapter 1.001 karya Eiichiro Oda dapat dibaca di platform MangaPlus mulai Minggu, 17 Januari 2021 pukul 23.00 WIB. Pertarungan "terakhir" Arc Wa ni Kuni segera terjadi, ditandai dengan 5 Supernova yang berhadapan dengan Big Mom dan Kaido di Onigashima.

Manga One Piece 1.000, "Monkey D. Luffy" ditutup dengan awal pertempuran 5 Supernova melawan 2 Yonko. Di pihak Supernova, ada Luffy, Roronoa Zoro (Kelompok Topi Jerami), Eustass Kidd, Killer (Bajak Laut Kid), dan Trafalgar D. Water Law (Bajak Laut Heart). Sementara di sisi lain, ada Big Mom dan Kaido.

Dibandingkan Supernova lain, Luffylah yang pertama kali pamer kekuatan dengan memukul jatuh Kaido. Ia menggunakan Gear 3 dipadukan jurus baru Gomo Gomu no Red Roc (versi lebih besar dari Gomu Gomu no Red Hawk).

Kaido memang berdarah, tetapi efek pukulan Luffy tampak sekadar menunjukkan perkembangan sang kapten Kelompok Topi Jerami dalam menguasai teknik lanjutan busoshoku haki atau ryuou. Saat pertama kali berhadapan dengan Kaido, semua serangan Luffy dengan Gear 3 dan 4 mentah di hadapan sang Yonko.



Motif Supernova vs Kaido


Yang tidak kalah penting adalah susunan pertarungan. 5 Supernova yang ada di puncak Skull Dome punya urusan dengan Kaido dari sudut pandang masing-masing.

Luffy sudah melihat penderitaan teman-temannya di Negeri Wa oleh kekuasaan Kaido di balik layar. Sekarang dengan keputusan Kaido hendak menjatuhkan Onigashima di atas Ibukota Bunga, Luffy bertanggungjawab untuk mencegah hal itu terwujud.

Latar belakang Zoro sedikit mirip dengan Luffy. Namun, dibandingkan anggota Kelompok Topi Jerami lain, Zoro memang punya ikatan lebih kuat dengan Wa no Kuni yang ditindas Kaido. Ia saat ini memegang Enma, salah satu dari 2 pedang peninggalan Kozuki Oden.

Zoro sudah menyaksikan sendiri kematian Yasu (Shimotsuki Yasuie) akibat eksekusi Orochi. Selain itu, Zoro punya ikatan khusus dengan Kozuki Hiyori, putri Oden. Ada kemungkinan, Zoro sebenarnya adalah salah satu klan Shimotsuki. Ia berasal dari Desa Shimotsuki, East Blue yang didirikan oleh Shimotsuki Kozaburou, pemahat pedang yang keluar dari Wa no Kuni.

Eustass Kid dan Killer tentu belum lupa bajak laut mereka diacak-acak oleh Kaido yag melakukan bunuh diri dari Sorajima. Killer sendiri adalah korban percobaan buah iblis SMILE oleh Queen.

Sementara itu, Trafalgar D. Water Law tampak yang paling tidak punya motif untuk menghabisi Kaido. Namun, ialah yang sejak awal menawarkan aliansi kepada Luffy untuk mengalahkan sang Yonko.

Dengan sosok Law yang penuh strategi, ia jelas punya perhitungan khusus. Permasalahan bukan sebatas karena Law dendam terhadap Donquixote Doflamingo, alias Joker, sebagai anak buah Kaido.

Tentu ada alasan mengapa Law memilih Kaido dibandingkan Big Mom, Shanks, atau Kurohige. Ia tidak mungkin menyerang Yonko dengan kekuatan terhebat, malah bisa jadi sebaliknya.

Hierarki Bajak Laut Beasts yang bersifat meritokrasi (yang terkuat a di atas) mungkin saja sudah dipantau Law, sehingga ia menyadari, di balik kedahsyatan bajak laut ini, ada sisi lemah soal kesetiaan dan pengkhianatan.

Mungkin saja pula Law bertaruh Kelompok Topi Jerami bisa menghajar Kaido, dan ia memanfaatkan itu untuk menggali lebih dalam soal Will of D. Seperti Luffy, Law adalah orang-orang klan D. yang disebut sebagai musuh alami para dewa (tenryubito).

Namun, justru karena tidak ada motif dengan Big Mom (kecuali Luffy dan Zoro), para Supernova bisa saja berhadapan terlebih dahulu dengan pemilik nama asli Charlotte Linlin. Jika ini yang terjadi, maka yang ditampilkan adalah sosok Big Mom yang "sempurna", yang lebih mengerikan dibandingkan saat Whole Cake Island.



Di sisi lain, menyaksikan Big Mom selesai di Wa no Kuni tampaknya tidak akan terjadi. Ia masih punya kisah masa lalu yang belum "tuntas", yaitu soal kematian Mother Caramel. Ini kontras dengan Kaido, yang tampak tidak punya masa depan lain di luar Arc Wa no Kuni. Ada kemungkinan, dalam kondisi terdesak, Big Mom bisa saja mengkhianati Kaido, lalu meninggalkannya atau mengakhiri hidupnya.

Sesi pertarungan dalam Perang Onigashima kemungkinan akan membutuhkan banyak chapter. Pasalnya, saat ini anggota Kelompok Topi Jerami dan kubu aliansi juga baru menghadapi para petinggi Bajak Laut Beasts, yaitu Tobi Roppo dan Saigai.

Selain itu, setelah Luffy diperlihatkan demikian kuat pada Chapter 1.000, bisa jadi chapter terbaru akan menggambarkan level Big Mom dan Kaido, yang sebenarnya jauh di atas para Supernova.

Manga One Piece Chapter 1.000 sendiri baru dapat dibaca di MangaPlus pada Minggu (16/1/2021) mulai pukul 23.00 WIB.

One Piece saat ini, Kamis (14/1/2021) pukul 16.32 WIB, adalah manga dengan jumlah tayang terbanyak di MangaPlus, dengan 861.920 tayangan, di atas Boruto: Naruto Next Generations (Masashi Kishimoto/Mikio Ikemoto) dengan 753.784 tayangan, dan My Hero Academia (Kohei Horikoshi) dengan 517.337 tayangan.

Baca juga artikel terkait ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight