Baca Komik Dragon Ball Super 66 di MangaPlus: Akhir Goku vs Moro?

Oleh: Fitra Firdaus - 20 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Manga Dragon Ball Super Chapter 66 yang bisa menjadi akhir duel Son Goku vs Moro dapat dibaca di MangaPlus dengan jadwal rilis Jumat, 20 November malam.
tirto.id - Komik Dragon Ball Super Chapter 66 karya Akira Toriyama/Toyotarou sesuai jadwal dapat dibaca di MangaPlus pada Jumat (20/11/2020) pukul 22.00 WIB. Setelah Moro berubah menjadi raksasa yang menyatu dengan planet bumi dalam Chapter 65, mampukah Son Goku mengalahkannya dengan ultra instinct?

Saga Galactic Patrol Prisoner (Ginga Patrol Shūjin Hen) Dragon Ball Super yang sudah dimulai sejak Chapter 42 sudah mendekati akhir. Menghadapi Moro, sang penyihir yang berjuluk Planet-Eater (Hoshikui), Son Goku sempat tidak dapat berbuat banyak.

Namun, Merus kemudian mengorbankan diri sebagai pemicu agar Goku bisa menembus batas ultra instinct. Keputusan Merus, meski bermakna ia harus lenyap karena melanggar aturan untuk Angel, terbukti tepat. Goku kini dapat menggunakan ultra instict sekehendak hatinya

Dalam Manga Dragon Ball Super Chapter 65 "Son Goku, Earthling", sebenarnya Moro bisa saja ditamatkan saat itu juga oleh Goku. Namun, sang manusia Saiya justru memberikan kacang ajaib kepada Moro, sehingga penyihir tersebut kembali bugar.

Hal ini mengingatkan penggemar Dragon Ball dengan tindakan Son Goku kepada Cell dalam Cell Saga. Ketika itu, Goku yang yakin Son Gohan akan menaklukkan Cell, ingin pertarungan yang adil. Ia memberikan kacang ajaib untuk Cell, yang sebelumnya sudah bertarung dengannya. Ketika itu, semua menganggap Goku melakukan blunder.

Namun, kali ini tindakan Goku memberikan kacang ajaib untuk Moro bukan untuk pertarungan adil. Ia memberi kesempatan agar Moro mau pulang kembali ke penjara, dikawal oleh Jaco. Dengan posisi Goku sudah bisa mengendalikan ultra instinct, Moro bukanlah apa-apa baginya.

Moro mencoba melakukan trik lain. Melihat sebelah tangannya yang terputus oleh Merus tergeletak, Moro bertanya, apa yang menyebabkan Goku dapat menggunakan ultra instict sekehendak hati.

Setelah Moro diberitahu Goku, bahwa Meruslah yang mengajarkan kekuatan tersebut, sang penyihir "memanggil" kembali lengannya tersebut.

Tangan Moro itu pernah menyentuh Merus. Oleh karenanya, ketika tangan itu bergabung lagi kembali, dengan kemampuan Seven-Three yang bisa menyalin kekuatan orang yang disentuh, Moro kini juga punya kekuatan Merus di dalam dirinya.

Moro menantang Goku untuk terus bertarung. Satu yang ia abaikan adalah fakta bahwa tubuhnya tidak mampu menampung kekuatan Angel seperti Merus. Inilah yang membedakan Moro dengan Goku. Moro "asal" mengambil kekuatan, tetapi Goku sudah menemp tubuhnya sedemikian rupa sebelum bisa mengendalikan ultra instinct.

Dengan kondisi yang terdesak, Moro mencari tubuh yang sesuai untuk menampung kekuatan Angel tersebut. Ia menyatu dengan bumi. Keadaan ini mirip dengan peristiwa Cell yang sudah kalap karena kalah dari Son Gohan lantas menggelembungkan diri bagai balon udara, siap meledak bersama bumi seisinya.



Son Goku tampak tidak mungkin memenangi pertarungan lawan Moro jika sendirian. Namun, sebenarnya ada senjata penting. Dia adalah Vegeta. Selama di planet Yardrat, ia melatih jurus Forced Spirit Fission (Supiritto no Kyōsei Bunri).

Jurus ini sebelumnya digunakan Vegeta untuk memisahkan semua energi yang diserap Moro. Vegeta juga pernah menyebutkan, jurus ini bisa membuat Picollo terpisah dari 2 fusion yang pernah dilakukannya, dengan Nail dan Kami-sama.

Jika Vegeta bisa melakukan hal ini, maka dampaknya akan berbeda dengan Cell Saga, ketika akhirnya Goku harus menggunakan teleportasi dan membawa Cell mati di planet Kai-oo.

Tetapi, dengan trik yang dimiliki Moro, penyelesaian tidak akan semudah itu. Para tokoh figuran seperti Jaco, Dende, hingga Dragon Team bisa saja ambil bagian, seperti ketika Goku menggunakan Genki-dama melawan Buu.

Saga Galactic Patrol Prisoner sendiri tampak akan berakhir pada Chapter 67, sehingga chapter 66 akan jadi penghabisan untuk Moro.


Jadwal Dragon Ball 66 Rilis Jumat Ini


Manga Dragon Ball Super adalah lanjutan Manga Dragon Ball karya Akira Toriyama. Namun, dalam serial manga terbaru ini, Toriyama hanya menyusun cerita, sedangkan gambar dibuat oleh Toyotarou.

Chapter terbaru Dragon Ball Super sendiri dirilis setiap bulan sekali. Chapter 66, yang palng mutakhir dapat dibaca secara gratis dan legal dalam format digital melalui Manga Plus mulai Jumat, 20 November 2020 pukul 22.00 WIB. Chapter ini tersedia dalam terjemahan bahasa Inggris dan Spanyol.

Dragon Ball Super adalah manga dengan pembaca terbanyak kelima di Manga Plus, setelah Boruto: Naruto Next Generations (Masashi Kishimoto/Mikio Ikemoto/Ukyo Kodachi), One Piece (Eiichiro Oda), dan My Hero Academia (Kohei Horikoshi).

Baca juga artikel terkait DRAGON BALL SUPER atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight