Baca Komik Boruto Chapter 54 Arc Kawaki: Apakah Naruto Mati?

Oleh: Fitra Firdaus - 21 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Baca Komik Boruto Chapter 54 di MangaPlus. Setelah Kawaki dan Boruto mengalahkan Otsutsuki, pertanyaan besar muncul soal kondisi Naruto: hidup atau mati?
tirto.id - Komik Boruto Chapter 54, "Bro" (Kyodai) sudah dirilis di V Jump Edisi 3 2021 dan dapat dibaca secara legal di MangaPlus mula Rabu, 20 Januari 2021. Dalam lanjutan Arc Kawaki ini, Momoshiki dapat ditumbangkan oleh Boruto dan Kawaki. Namun, kondisi Naruto tampak kritis.

Dalam Boruto Chapter 53, "That's Reality" (Kore ga Genjitsu), pertarungan Naruto, Boruto, Sasuke, dan Kawaki melawan dua anggota klan Otsutsuki sampai pada puncaknya. Isshiki dan Momoshiki yang sejak awal "berpasangan" memang punya tujuan khusus untuk mendapatkan buah chakra dari ekor 10 (Jubi) yang diubah menjadi Pohon Ilahi (Shinju).

Dalam rencana klan Otsutsuki ketika menginvasi planet, salah satu dari mereka akan dijadikan tumbal untuk dimakan oleh Jubi. Semakin kuat Otsutsuki yang ditumbalkan, maka semakin hebat pula buah chakra yang dihasilkan oleh Shinju.

Dengan konsep berpasangan, salah satu anggota klan Otsutsuki yang tidak ditumbalkan bertugas untuk memanen buah chakra dari Shinju. Sementara itu, anggota yang dikorbankan, terlebih dahulu menggunakan karma untuk memasukkan identitas diri ke tubuh makhluk lain, menjadikan makhluk itu sebagai wadah dirinya.

Isshiki mempersiapkan Kawaki sebagai wadahnya, sedangkan Momoshiki memilih Boruto Uzumaki jadi tempat ia bernaung. Awalnya, semua yang ada di Desa Konoha mengira klan Otsutsuki akan kalah. Kawaki dengan Kage Bunshin Jutsu sukses menipu Isshiki, sehingga sang anggota klan Otsutsuki tak bisa menguasai tubuh Kawaki ketika batas sisa hidupnya sudah habis.

Namun, yang tidak diperhitungkan, Momoshiki berhasil menguasai tubuh Boruto sepenuhnya. Hal inilah yang membuat segalanya bagai kembali ke nol lagi.



Dalam bagian awal Chapter 54, Momoshiki menyebut, meski karma sudah lenyap, data Otsutsuki yang sudah diekstraksi masih ada di dalam tubuh wadah mereka. Dengan demikian, Kawaki masih bisa dijadikan tumbal kepada Jubi, agar Momoshiki mendapatkan buah chakra dan menyelesaikan misinya.

Namun, Sasuke mengamati hal ganjil. Momoshiki yang memakai tubuh Boruto tidak mau menyerap serangan chakranya. Oleh karenanya, Sasuke berasumsi, jika chakra Boruto dapat dipulihkan, maka sang putra Naruto dapat sadar dan kembali mengendalikan tubuhnya, alih-alih dikuasai Momoshiki.

Tahu Sasuke menyiapkan rencana, Momoshiki melumpuhkannya dengan Vanishing Rasengan. Namun, masih ada Kawaki yang tidak lagi memakai Kage Bunshin, "memaksa" Momoshiki menyerap chakranya.

Sadar Boruto bisa pulih sewaktu-waktu, Momoshiki lantas buru-buru ingin mengakhiri pertarungan. Ia berupaya untuk teleportasi membawa Kawaki. Namun, pada detik penentuan, kesadaran Boruto mulai bangkit.

Boruto kemudian mematahkan tanduk di kepalanya dan "memulangkan" Momoshiki. Boruto mampu melakukan hal ini, dan Kawaki tampak puas dengan keyakinannya pada ikatan persaudaraan mereka berdua. Hanya saja, di tempat lain, Naruto masih pingsan, dengan wajah Sasuke yang tampak gelisah.

Sebelum menggunakan Baryon Mode, Naruto sudah diberitahu oleh Kurama (Chapter 51), bahwa hal ini dapat menyebakan kematian baginya. Jika akhirnya Naruto mati, hal itu akan menjadi katalisator penting untuk Boruto dan Kawaki. Namun, mungkin pula ini hanya momen dramatis ketika sang hokage ketujuh kehilangan chakra.

Sementara itu, Momoshiki dan Isshiki tentu tidak semudah itu takluk oleh para ninja Konohagakure. Momoshiki sendiri berkata, data Isshiki yang sudah terekstrak di dalam tubuh Kawaki sudah mencapai 80%.

Boruto Chapter 55 sendiri akan dirilis pada Jumat, 19 Februari 2021 di V Jump dan dapat dibaca secara legal melalui MangaPlus. Pertanyaan besar soal kondisi Naruto, apakah sekarat, mati, atau mesti "menghilang" dalam beberapa waktu masih belum terjawab.

Baca juga artikel terkait BORUTO atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight