Kapan Boruto Ch. 54 Rilis, Prediksi, Baca Komik di MangaPlus 20 Jan

Oleh: Fitra Firdaus - 20 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Baca Komik Boruto Chapter 54 di MangaPlus Rabu, 20 Januari 2021. Apa yang terjadi dengan Borushiki yang bertarung melawan Kawaki dan Sasuke?
tirto.id - Komik Boruto Chapter 54 dapat dibaca secara legal mulai Rabu, 20 Januari 2021 pukul 22.00 WIB melalui MangaPlus. Dalam bab sebelumnya (Chapter 53) Isshiki takluk oleh Kawaki. Namun, Boruto yang dikuasai oleh Momoshiki menusuk Rinnegan Sasuke. Apakah ini tanda Sasuke atau Naruto akan mati?

Manga Boruto Chapter 53 "That's Reality" adalah kelanjutan Arc Kawaki. Lawan Konohagakure adalah klan Otsutsuki, yang selalu berpasangan ketika menginvasi sebuah planet.

Salah satu dari "pasangan" Otsutsuki itu dijadikan tumbal untuk dimakan oleh ekor 10 (Jubi). Dengan cara demkian, ekor 10 akan berubah menjadi Pohon Ilahi (Shinju). Jika sosok Otsutsuki yang ditumbalkan kuat, maka buah chakra yang dihasilkan Pohon Ilahi akan kuat pula.

Satu orang klan Otsutsuki yang tersisa, bertugas untuk memanen buah chakra. Sementara itu, Otsutsuki yang menjadi tumbal, sebelumnya menyiapkan wadah" (tubuh manusia) yang akan dipakainya ketika bangkit kembali. Caranya dengan menggunakan karma.

Dalam invasi ke bumi, Momoshiki berpasangan dengan Isshiki. Momoshiki sudah menyematkan karmanya ke telapak tangan kanan Boruto Uzumaki. Dengan pemahaman ini, Isshiki berniat mengorbankan Boruto untuk disantap oleh ekor 1o.

Naruto dan Sasuke turun tangan untuk menghalangi Isshiki memanfaatkan Boruto. Dengan Baryon Mode, Naruto mampu mendesak Isshiki, bahkan membuat sisa hidup sang lawan yang sebelumnya 20 jam, tinggal 30 menit lagi. Dalam situasi seperti itu, Isshiki kemudian berniat menggunakan "wadahnya", Kawaki, menariknya ke arena pertarungan.

Kawaki akhirnya terlibat langsung. Naruto memintanya kabur. Menyaksikan Naruto pingsan oleh Isshiki, Kawaki berupaya menghindar. Namun, Isshiki yang mengetahui betapa hormatnya Kawaki dengan Naruto, mengancam akan membunuh Hokage ketujuh.

Kawaki menyerahkan diri dengan berkata, "dunia tanpa Hokage Ketujuh tak bermakna untukku". Isshiki yang mengira dia sudah menang, dan bisa masuk ke Kawaki sebagai wadahnya, tidak sadar. Ternyata, Kawaki menggunakan Kage Bunshin no Jutsu. Akibatnya, Isshiki tidak punya wadah dengan sisa waktu hidupnya yang sudah melampaui batas.

Ketika Naruto, Sasuke, dan Kawaki mengira pertarungan usai, mereka dikejutkan dengan tingkah Boruto. Ia menusuk Rinnegan Sassuke. Ternyata Momoshiki sudah menguasai seluruh tubuh sang putra Naruto.



Komik Boruto Chapter 54 akan dirilis di MangaPlus pada Rabu, 20 Januari 2021 pukul 22.00 WIB. Dengan kondisi Sasuke, Naruto, dan Kawaki yang sudah kehabisan tenaga oleh Isshiki, Momoshiki unggul segalanya.

Meskipun Isshiki sudah lenyap, faktanya ekstraksi dirinya masih ada di dalam tubuh Kawaki. Oleh karenanya, Momoshiki bisa menggunakan Kawaki untuk dikorbankan ke ekor 10.

Di sisi lain, bagaimana cara Momoshiki menguasai tubuh Boruto sepenuhnya bisa menjadi kunci untuk Kawaki, Naruto, dan Sasuke. Penting bagi mereka untuk membangkitkan kesadaran Boruto, karena hanya dengan cara itulah Momoshiki tak lagi mengontrol tubuhnya.

Bab terbaru Boruto tetap menimbulkan pertanyaan soal apakah akan ada time skip dalam serial ini. Jika melihat di Chapter 1, "Uzumaki Boruto!!" tampak pertarungan Boruto dan Kawaki dengan latar Konohagakure yang sudah hancur.

Dalam bab tersebut, Boruto dan Kawaki tampak sudah lebih dewasa daripada di Chapter 54. Selain itu, pertanyaan muncul seputar klaim Kawaki di Chapter 1, ia siap mengirim Boruto ke tempat hokage ketujuh.

Apakah ini tanda bahwa Naruto akan mati? Apakah pula pertarungan dengan klan Otsutsuki di Chapter 54 menciptakan hasil yang mengejutkan untuk Desa Konoha?

Terdapat 10 chapter Komik Boruto di MangaPlus yang dapat dibaca secara gratis, yaitu 3 chapter pertama dan 7 chapter terbaru. Terjemahan yang tersedia adalah bahasa Inggris dan Spanyol.

BACA KOMIK BORUTO DI MANGAPLUS

Baca juga artikel terkait BORUTO atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight