Flash News

Azwar Anas Resmi Jabat MenPAN-RB Gantikan Tjahjo Kumolo

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 7 Sep 2022 13:47 WIB | Diperbarui 8 Sep 2022 12:48 WIB
Azwar Anas merupakan politikus PDIP. Ia pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).
tirto.id - Presiden Joko Widodo resmi melantik politikus PDI Perjuangan, Abdullah Azwar Anas menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo. Pelantikan itu dilaksanakan di Istana Negara pada Rabu (7/9/2022).

Pelantikan MenPAN-RB sisa masa jabatan 2019-2024 itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/B Tahun 2022. Jokowi lalu mengambil sumpah jabatan Azwar Anas.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab dengan penuh rasa tanggung jawab," Kata Azwar Anas seraya mengikuti Presiden Jokowi saat pengambilan sumpah.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Menkopolhukam Mahfud MD, Ketua KPU Hasyim Asyari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Azwar Annas adalah salah satu kader muda PDIP. Kini, ia menjabat sebagai Kepala LKPP. Ia dilantik sebagai Kepala LKPP, Kamis 13 Januari 2022 lalu.

Sebelum menjabat sebagai Kepala LKPP, Azwar adalah Bupati Banyuwangi 2 periode. Azwar disebut melakukan sejumlah inovasi sehingga Banyuwangi mendapat penghargaan kabupaten terinovatif se-Indonesia oleh Kementerian Dalam Negeri.

Adapun capaian yang didapat Azwar saat menjadi Bupati Banyuwangi adalah kabupaten pertama yang memiliki SAKIP (Sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan) dengan nilai A, hingga juara UNWTO (Badan PBB untuk Pariwisata) untuk kategori kebijakan publik bidang pariwisata terbaik di dunia.




Baca juga artikel terkait ABDULLAH AZWAR ANAS atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight