Attack on Titan S4 Eps. 14 Senin Ini Ditunda: Cara Nonton Sub Indo

Penulis: Fitra Firdaus, tirto.id - 15 Mar 2021 09:50 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Anime Attack on Titan S4 Episode 14 ditunda penayangannya Senin, 15 Maret 2021 ini karena gempa di Wakayama, nonton streaming AoT sub Indo di iQIYI.
tirto.id - Penayangan Episode 14 Anime Attack on Titan: The Final Season (Season 4) "Boaku" (暴悪) yang seharusnya pada Senin, 15 Maret 2021 resmi ditunda karena reportase khusus gempa di Prefektur Wakayama. AoT Season 4 sendiri akan berakhir pada Episode 16, "Tenchi" (天地).

"Attack on Titan Final Season episode 73 ditunda karena gempa bumi yang terjadi di Prefektur Wakayama, Jepang," keterangan Crunchyroll, distributor streaming anime AoT dalam akun Twitter resmi mereka pada Senin (15/3/2021) dini hari.

Gempa di Kota Yuasa, Prefektur Wakayama terjadi pada Senin, 15 Maret 2021 pukul 00.26 waktu setempat. Gempa yang memiliki magnitude 4,7 dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut ini tidak berpotensi tsunami.



Episode terbaru Attack on Titan biasa ditayangkan pada Senin dini hari waktu Jepang. Dengan adanya gempa ini, maka episode 14 AoT S4 ditunda. Perilisannya di berbagai platform seperti Crunchyroll dan iQIYI juga menyesuaikan jadwal tayangan perdana episode tersebut.

Attack on Titan: The Final Season adalah musim terakhir anime AoT, adaptasi manga karya Hajime Isayama. Dalam musim ini, episode demi episode AoT menampilkan 2 arc pemungkas, yaitu Marley (Chapter 91 hingga 106) dan War for Paradis (Chapter 107 hingga 116).

Attack on Titan S4 dijadwalkan terdiri dari 16 episode, dengan episode 16 berjudul "Tenchi" (Above and Below). Judul tersebut sama dengan judul Chapter 116.

Sebenarnya, manga Attack on Titan masih berlanjut hingga Chapter 139, yang akan dirilis pada April 2021. Namun, kapan penggarapan Chapter 117 hingga bab terakhir manga yang dalam bahasa Jepang disebut Shingeki no Kyojin ini belum diketahui. Ada kemungkinan Season 4 akan dibagi ke dalam 2 bagian seperti musim ketiga AoT.

Attack on Titan mengisahkan petualangan Eren Yeager, Mikasa Ackermann, dan Armin Arlert, tiga sahabat yang terjun sebagai anggota Survey Corps (Pasukan Pengintai) di Pulau Paradis. Mengalami pertarungan demi pertarungan melawan titan, makhluk raksasa yang mengancam jiwa penduduk Pulau Paradis, mereka bertiga perlahan mengungkap berbagai misteri.

Selama ini, Eren, Mikasa, dan Armin, seperti kebanyakan rakyat Pulau Paradis didoktrin bahwa mereka adalah satu-satunya umat manusia yang selamat dari ancaman titan. Namun, fakta sebenarnya justru sangat kontras dari doktrin itu.

Bangsa Eldia yang tinggal di Paradis sebenarnya diasingkan oleh Raja Karl Fritz dari kemungkinan dilenyapkan oleh Bangsa Marley. Dahulu, bangsa Eldia punya sejarah besar menguasai dunia, menjajah Marley dengan Kokonotsu no Titan (9 Titan).

Namun, konflik tiada henti di dalam Eldia, ditambah dengan kebijakan raja mereka, membuat bangsa tersebut mengalami dekadensi hebat. Sebaliknya, Marley mampu mengambil sebagian besar Kokonotsu no Titan, sehingga tiba pembalasan dendam mereka kepada Eldia.

Melihat Pulau Paradis terancam oleh Marley, dan bangsa Eldia terancam musnah, Eren Yeager yang bisa berubah jadi Shingeki no Kyojin menyerang Liberio. Tindakan ini menyulut perang besar antara Eldia dan Marley.

Zeke Yeager, kakak tiri Eren, menyiapkan strategi rumbling untuk membuat Eldia mengalahkan Marley, memanfaatkan sang adik tiri yang juga bisa menjadi Founding Titan.

Dengan kekuatan Eren yang demikian, tidak sedikit rakyat Paradis yang melihatnya sebagai sosok penyelamat. Mereka membentuk kelompok Yeagerist, menempatkan Eren di tengah cita-cita membangun Kekaisaran Eldia Baru.

Dalam Episode 13 AoT Season 4, "Mori no Kora" (森の子ら), keluarga Braus terlibat pertemuan santap makan dengan Niccolo, sang koki yang berasal dari Marley. Ini dimanfaatkan oleh Gabi dan Falco untuk menyusup ke dapur dan berbicara enam mata dengan Niccolo.

Niccolo yang menyukai Sasha Braus terpukul ketika Gabi mengaku sebagai pembunuh sang anggota Survey Corps. Selama ini, Sasha membuat hari-hari Niccolo di Pulau Paradis jadi indah karena dialah yang paling menghargai masakan sang koki.

Dalam geram, Niccolo menggunakan botol wine untuk menyerang Gabi. Falco mendorong Gabi sehingga dialah yang terkena botol tersebut. Ternyata, di dalam botol tadi terdapat cairan tulang belakang Zeke Yeager.

Selama ini Zeke menyebut, cairan tulang belakang itu akan membuat orang yang terkena atau menghirup udaranya, jadi kaku. Kenyataannya tidak. Tubuh Falco yang tergeletak tidak kaku. Ia tengah berubah menjadi sesuatu yang mengerikan.

Niccolo menyerahkan Gabi kepada ayah Sasha untuk dibunuh. Namun, ayah Sasha berpendapat lain. Baginya, kematian Sasha terjadi karena sang putri tersesat di "hutan belantara". Oleh karenanya, yang mesti terlibat dalam perang hanyalah orang dewasa.

Anak-anak mesti diselamatkan dari hutan, dari kebencian yang tak putus dari generasi demi generasi. Gabi yang mendengar ucapan ayah Sasha tidak menyangka, karena ia menyangka semua orang di Pulau Paradis, para Eldia, hanyalah iblis yang suka membunuh.

Sementara itu, Eren yang dibantu para Yeagerist mendatangi markas Survey Corps. Ia membuka pembicaraan dengan 2 sahabatnya, Mikasa dan Armin.

Inilah titik terbelahnya ketiga sahabat tersebut. Eren tampak yakin akan rumbling dan perang melawan Marley, sedangkan Mikasa dan Armin memilih untuk melindungi Pulau Paradis.


Preview AoT Season 4 Eps 14 Sub Indo


Episode 14 Attack on Titan Season 4 "Boaku" (Savagery) adalah adaptasi Chapter 112 dan 113 manga AoT. Dalam episode ini Eren benar-benar mengambil jalan berbeda dari Armin dan Mikasa.

Eren menuding Armin dicuci otak oleh ingatan Bertholdt, mengingat Armin adalah pewaris Colossus Titan. Sementara itu, Eren juga mengaku benci kepada Mikasa sejak kecil, menganggap Mikasa hanyalah budak yang melindungi dirinya karena faktor darah dan keturunan Ackermann.

Sementara itu, di hutan, Zeke yang masih ditahan oleh Levy, bertanya soal apakah masih ada wine tersisa di kamp. Ketika hal itu dijawab oleh Levy, ternyata ini semua adalah trik Zeke. Seperti yang dicurigai oleh Niccolo, dalam wine tersebut terdapat cairan tulang belakang Zeke yang membuat para peminumnya berubah jadi titan murni.

Levy yang kecolongan melihat anggota pasukannya berubah jadi titan, lantas berhadapan dengan Zeke yang sudah berubah jadi Beast Titan, mengulang kejadian dahulu kala Erwin Smith sang komandan tewas demi mengalihkan perhatian Zeke.


Nonton Streaming AoT Ep 14 Season 4 di IQIYI

Seluruh episode dalam anime Attack on Titan Season 4, termasuk episode 14, dapat ditonton melalui iQIYI. Tersedia takarir dalam bahasa Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Inggris, hingga Mandarin. Pemilihan takarir dapat dilakukan sendiri oleh penonton.

Episode demi episode anime Attack on Titan S4 dapat ditonton dengan kualitas 240P, 360P, atau 720P. Member VIP iQIYI dapat menyaksikan anime yang sudah sampai musim terakhir ini dengan kualitas 1080P dan tanpa iklan.

Penggemar Attack on Titan yang melewatkan Season 1, Season 2, dan Season 3 AoT dapat pula menonton episode pada musim-musim tersebut di iQIYI lengkap dengan takarir bahasa Indonesia pula.

Episode terbaru Attack on Titan dirilis di iQIYI setiap Senin pukul 01.00 WIB dini hari. Shigeki no Kyojin juga dapat ditonton melalui siaran Aniplus dengan tayangan perdana episode baru setiap Senin.

Sebelum menonton AoT S4 Episode 14 yang penayangannya ditunda, pengemar Attack on Titan dapat menyimak episode 1 hingga 13 Shingeki no Kyojin di iQIYI.

ATTACK ON TITAN di IQIYI

Baca juga artikel terkait ATTACK ON TITAN atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight