Astronot Nasa Selesaikan Instalasi International Docking Adapter

Oleh: Rachma Dania - 22 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Astronot Nasa berhasil memasang dua adaptor docking internasional (IDA).
tirto.id - Tirto.id-Astronot NASA Nick Hague dan Andrew Morgan telah menyelesaikan spacewalk antariksa hari ini pukul 2:59 Eastern Daylight Time (EDT). Selama enam jam dan 32 menit perjalanan ruang angkasa, kedua astronot berhasil memasang dua International Docking Adapter (IDA).

Dilansir dari situs web Nasa setiap kali seorang astronot keluar dari kendaraan saat berada di luar angkasa, itu disebut spacewalk. Hal ini juga biasa disebut dengan EVA, yang merupakan singkatan dari extravehicular activity.

Orang pertama yang pergi naik pesawat ruang angkasa adalah Alexei Leonov. Dia berasal dari Rusia. Wahana antariksa pertama pada 18 Maret 1965. Panjangnya 10 menit.

Perjalanan spacewalking kali ini dilakukan untuk memasang IDA, yang akan digunakan untuk kedatangan mendatang pesawat ruang angkasa komersial Boeing CST-100 Starliner dan SpaceX Crew Dragon.

Dilansir dari Nasa, International Docking Adapters akan menjadi titik penghubung fisik untuk pesawat ruang angkasa. Adaptor tersebut dibangun dengan Standar Sistem Docking Internasional, yang bisa membuat setiap pesawat ruang angkasa turut menggunakan adaptor tersebut di masa depan begitu juga dengan Pesawat Boeing CST-100 Starliner dan SpaceX's Crew Dragon.


Pesawat tersebut merupakan proyek kemitraan NASA dengan Boeing dan SpaceX yang akan meluncurkan astronot Amerika menggunakan roket Amerika.

Mereka ingin memaksimalkan waktu penelitian kru tersebut untuk kemajuan teknologi, mereka juga akan melakukan penelitian di atas laboratorium yang di ruang angkasa. Hal ini ditujukan demi keberlangsungan program eksplorasi bulan Artemis dan misi masa depan lain ke Bulan dan Mars.

Transportasi ruang manusia reguler ke stasiun ruang angkasa adalah langkah penting untuk membuka stasiun ruang angkasa untuk bisnis komersial untuk memungkinkan pertumbuhan A.S.

Selain itu para spacewalkers juga sudah menyelesaikan perutean tambahan untuk internet nirkabel stasiun.

Dalam pelaksanaan program ini anggota kru stasiun ruang angkasa telah menghabiskan total 56 hari, 23 jam, dan 26 menit dalam 218 pesawat antariksa untuk mendukung perakitan, pemeliharaan, dan peningkatan stasiun.

Spacewalk yang dilakukan kali ini adalah spacewalk kelima di tahun 2019, dan yang pertama untuk Morgan. Selain itu selama tiga wahana antariksa, Hague menghabiskan total 19 jam dan 59 menit di luar stasiun ruang angkasa.

Baca juga artikel terkait MISI LUAR ANGKASA atau tulisan menarik lainnya Rachma Dania
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Rachma Dania
Penulis: Rachma Dania
Editor: Yantina Debora
DarkLight