Arus Balik, Jasa Marga Hentikan Contraflow Tol Jakarta-Cikampek

Oleh: Felix Nathaniel - 20 Juni 2018
“Contraflow Jakarta Cikampek arah Jakarta pada pukul 12.25 WIB telah dihentikan,” tegas Faiza.
tirto.id - Pihak Jasa Marga telah menghentikan contraflow untuk arus balik mudik ke arah Jakarta di tol Cikampek. Contraflow dicabut untuk mengurai kemacetan dari Jakarta ke arah Cikampek dan kepadatan arus balik sudah cukup berkurang.

Hal ini disampaikan oleh Customer & Employee Relations Manager Jasa Marga, Faiza Riani pada hari Rabu (20/6/2018). Faiza menegaskan bahwa awalnya contraflow dilakukan untuk mengurai kepadatan akibat volume lalu lintas yang masih terpantau padat pada arus balik.

Contraflow Jakarta Cikampek arah Jakarta pada pukul 12.25 WIB telah dihentikan,” tegas Faiza melalui keterangan tertulisnya.

Awalnya Jasa Marga mematuhi diskresi kepolisian dengan memberlakukan contraflow sepanjang 32 km mulai dari km 61 hingga km 29 pada pukul 10.25 WIB tadi. Menurut Faiza, contraflow ini bisa mencairkan kepadatan di Simpang Dawuan km 66 dan menghindari kemacetan di titik-titik rest area di km 62, km 52, dan km 42.

Hari ini merupakan puncak arus mudik sesuai dengan prediksi Kementerian Perhubungan. Sebelumnya, pihak Jasa Marga juga telah menerapkan pemberlakuan satu arah ke Jakarta mulai dari km 72 sampai dengan Gerbang Tol Cikarang Utama. Pengendara yang menuju arah Cikampek diarahkan melalui jalan arteri agar arus balik tidak terganggu.

“Upaya ini dilakukan guna memberikan kenyamanan pengguna jalan pada arus balik Lebaran. Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna untuk selalu mengikuti arahan petugas di lapangan,” tutur Faiza.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Maya Saputri