Hari Pahlawan ke-76

Arti Logo, Tema dan Cara Peringati Hari Pahlawan 10 November 2021

Penulis: Yantina Debora - 5 Nov 2021 18:32 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Arti logo dan tema Hari Pahlawan ke-76 yang diperingati 10 November 2021 serta cara memperingatinya di tengah pandemi Covid-19.
tirto.id - Logo Hari Pahlawan ke-76 pada 10 November 2021 terdiri dari lima unsur yaitu bambu runcing, pahlawan, buku, bendera merah putih dan kepalan tangan.

Bambu runcing dalam logo Hari Pahlawan yaitu merupakan senjata sederhana yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Bambu runcing merupakan simbol keberanian para pahlawan dalam menghadapi kolonialisme.

Logo pahlawan merupakan pengorbanan kenyamanan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti dirinya. Pahlawan merupakan sosok yang senang dalam menolong orang lain.

Sementara arti logo buku merupakan simbol dari sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik dari para pahlawan.

Lewat buku generasi sekarang bisa melakukan nampak tilas perjuangan mereka. Buku juga merupakan sumber inspirasi bagi para pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.

Sedangkan bendera merah putih di logo Hari Pahlawan merupakan simbolisasi dari sebuah bangsa dan negara yang dulu para pahlawan perjuangkan.

Sebuah warisan yang harus dijaga dengan mewujudkan tujuan negara:

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia;
2. Memajukan kesejahteraan umum;
3. mencerdaskan kehidupan bangsa;
4. Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Terakhir, logo kepalan tangan merupakan simbolisasi dari keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Diharapkan generasi sekarang bisa memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tema dan Cara Memperingati Hari Pahlawan 2021


Hari Pahlawan 10 November 2021 mengusung tema "Pahlawanku Inspirasiku". Tema ini tak lepas dari perjuangan pahlawan yang menginspirasi dan motivasi untuk meneruskan perjuangan mereka.

Jika sebelumnya pahlawan berjuang dengan senjata maka kini perjuangan melawan permasalahan bangsa misalnya kemiskinan, bencana alam, narkoba, hingga melawan pandemi Covid-19.

Menyambut Hari Pahlawan, pada 10 November 2021 bakal digelar upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan mulai pukul 08.00 WIB dengan jumlah terbatas dan sesuai protokol kesehatan.

Selain itu Upacara Tabur Bunga di laut pada 10 November 2021 pukul 08.00. Upacara digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bagi masyarakat umu, cara merayakan Hari Pahlawan juga bisa diikuti dengan pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh di setiap rumah dan lingkungan pemukiman penduduk pada tanggal
10 November 2021.

Selanjutnya Hening Cipta selama 60 detik dimulai pukul 08.15 (waktu setempat) secara serentak di seluruh Indonesia dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Berikut link panduan lengkap cara memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021:

Link Panduan Memperingati Hari Pahlawan 2021
Link Logo Hari Pahlawan 2021



Baca juga artikel terkait HARI PAHLAWAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight