Arti April Mop 1 April 2021, Apa Itu dan Bagaimana Sejarahnya?

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 31 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Apa arti April Mop yang diperingati setiap 1 April di berbagai negara?
tirto.id - 1 April 2021 disebut juga sebagai April Mop, atau hari di mana Anda dirasa bebas untuk mengerjai teman satu sama lain. April Mop pertama kali dirayakan di Eropa, dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia.

Dilansir The Indian Express, menurut para sejarawan, April Mop mulai dirayakan setelah Paus Gregorius XIII memperkenalkan kalender Gregorian, dan memutuskan bahwa kalender baru akan dimulai dari 1 Januari tahun 1952.

Sebelumnya, Tahun Baru biasa dirayakan pada akhir Maret atau 1 April. Seperti yang diyakini, April Mop bermula dari masa perubahan kalender dari Julian ke Gregorian.

Kabarnya, meski banyak yang menolak untuk menerima perubahan dan terus mengikuti kalender Julian, Prancis adalah negara pertama yang menerima dan menerapkan kalender baru.

Kemudian, orang-orang yang tidak mengikuti kalender baru dianggap bodoh dan diolok-olok oleh mereka yang melakukannya.

Hari itu dipenuhi dengan canda dan tawa dan dinantikan untuk semua kebahagiaan yang dihasilkannya. Ini adalah satu hari dalam tahun ketika orang bisa lolos dengan hampir semua hal.

Sejarah April Mop 1 April


Asal-usul lain soal April Mop diungkapkan situs web Britannica. Dalam laman tersebut tertulis cara merayakan April Mop biasanya dengan menyampaikan lelucon atau mengerjai teman.

Meskipun April Mop telah dilakukan selama berabad-abad, asal-usul aslinya tidak diketahui secara pasti. April Mop mirip dengan festival seperti Hilaria di Roma kuno, yang diadakan pada tanggal 25 Maret, dan perayaan Holi di India, yang berakhir pada tanggal 31 Maret.

Beberapa orang percaya kebiasaan merayakan April Mop berasal dari Perancis, secara resmi dengan Dekrit Roussillon (diundangkan pada Agustus 1564), di mana Charles IX memutuskan tahun baru tidak akan lagi dimulai pada bulan Paskah, melainkan 1 Januari.


Karena Paskah adalah agenda tahunan dan oleh karena itu tanggalnya bisa berbeda, mereka yang berpegang pada kalender lama dianggap sebagai orang-orang "April Mop".

Yang lain berpendapat April Mop juga berkaitan dengan titik balik musim semi (21 Maret), saat orang tertipu oleh perubahan cuaca yang tiba-tiba.

Infografik Asal Usul April Mop
Infografik Asal Usul April Mop. tirto.id/Fuad


Banyak negara memiliki cara tersendiri untuk merayakan April Mop, tetapi semuanya memiliki tujuan yang sama untuk membuat seseorang merasa ditipu atau dikerjai.

Di Perancis, misalnya, orang yang berhasil dikerjai disebut poisson d’avril atau berarti "ikan April", mengacu pada ikan kecil yang mudah ditangkap. Umum bagi anak-anak di Perancis untuk menyematkan ikan kertas di punggung teman untuk mengerjai mereka.

Di Skotlandia, April Mop disebut hari Hari Gowkie, untuk gowk, atau cuckoo, simbol orang bodoh. Biasanya akan bermunculan tulisan "tendang aku" atau "lempari aku dengan makanan" dipasang di punggung teman.

Di banyak negara, surat kabar dan media lain berpartisipasi dalam April Mop, misalnya, dengan tajuk utama atau berita palsu untuk mengerjai pembaca.


Baca juga artikel terkait APRIL MOP atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight