Arti Al Malik dan Al Quddus dalam Asmaul Husna: Makna & Teladannya

Oleh: Dhita Koesno - 18 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Al Malik dan Al Quddus adalah 2 dari 99 Asmaul Husna. Cari tahu arti Al Malik dan Al Quddus, makna serta teladannya di sini.
tirto.id - Al Malik artinya Allah SWT sebagai pemilik seluruh alam. Al Quddus artinya membesarkan dan mengagungkan. Al Malik dan Al Quddus adalah 2 dari 99 Asmaul Husna yang artinya sama-sama menunjukkan kekuasaan Allah SWT.

Asmaul Husna atau secara bahasa diartikan sebagai nama-nama Allah yang indah tentu memiliki makna dan arti yang baik.

Dikutip laman NU Online, bila mengetahui makna sebenarnya dari masing-masing Asmaul Husna, maka orang pun akan memahami 99 Asmaul Husna itu sudah tercakup dalam sifat wajib yang dirumuskan ulama Ahlussunnah wal Jama'ah.

Asmaul Husna sendiri sebenarnya ada banyak, tetapi yang disebutkan dalam Al-Qur'an ada 99 jumlahnya. Asmaul Husna juga mempunyai keutamaan-keutamaan tersendiri, banyak rahasia dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Syekh Shâlih al-Ja’fari mengatakan:

فَالَّذِي يَدْعُو بِهَا فَقَدِ اسْتَجْلَبَ الْخَيْرَ كُلَّهُ لِنَفْسِهِ وَجَعَلَ الْوِقَايَةَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الشَّرِّ كُلِّهِ، فَإِذَا قُلْتَ مَثَلًا الرَّحْمنُ الرَّحِيْمُ فَقَدِ اسْتَجْلَبْتَ الرَّحْمَةَ، وَإِذَا قُلْتَ: اللَّطِيْفُ فَقَدِ اسْتَجْلَبْتَ اللُّطْفَ... الخ

Artinya:

“Orang yang berdoa dengan Asma’ul Husna maka telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut ar-Rahmân ar-Rahîm, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut al-Lathîf maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya.” (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Dar el-Kutub, Shan’a).

Al Malik dan Al Quddus merupakan 2 dari 99 Asmaul Husna yang artinya sama-sama menunjukkan kekuasaan Allah SWT.

الملك

Al Malik: Yang Maha Merajai

القدوس

Al Quddus: Yang Maha Suci

Makna Al Malik


Al Malik dari Asmaul Husna merupakan Sifat Allah Yang Memiliki Mutlak sifat Merajai/Memerintah seluruh alam.

Jadi yang memerintah di seluruh alam ini walaupun ia sangat berkuasa adalah tetap mutlak milik Allah semata. Semua kekuasaan akan tunduk kepada Rabb yang mulia.

Dalam surah Al Mukminun ayat 116 disebutkan:

فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

Fa ta'ālallāhul-malikul-ḥaqq, lā ilāha illā huw, rabbul-'arsyil-karīm.

Artinya: "Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai) 'Arsy yang mulia.

Jika dilihat dari artinya, maka Al Malik memiliki makna bahwa Allah SWT sebagai pemilik seluruh alam, yang di atas (langit) dan yang di bawah (bumi), serta semuanya adalah hamba dan sangat berhajat kepada-Nya.

Makna Al Quddus


Al Quddûs menunjukkan makna bahwa sifatNya dzat Allah Yang Memiliki Mutlak sifat Suci. Kata dasar dari Al Quddus adalah Qaddasa yang artinya menyucikan dan menjauhkan dari kejahatan, bisa pula diartikan membesarkan dan mengagungkan.

Kesucian-Nya Allah ta'ala sangat bersih dari perasaan keji, jahat, negatif dan yang lainnya.

Surat Al-Baqarah ayat 30 semakin memperjelas makna Al Quddus:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Wa idz qāla rabbuka lil malā’ikati ‘Innī jā‘ilun fil ardhi khalīfatan,’ qālū ‘A taj‘alu fīhā man yufsidu fīhā wa yasfikud dimā. Wa nahnu nusabbihu bi hamdika wa nuqaddisu laka?’ Qāla ‘Innī a‘lamu mā lā ta‘lamūna.

Artinya: “(Ingat) ketika Tuhanmu berkata kepada malaikat, ‘Aku ingin menjadikan khalifah di bumi.’ Mereka bertanya, ‘Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana? Padahal, kami bertasbih memuji dan menyucikan nama-Mu.’ Dia berkata, ‘Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui."


--------

Adendum: Artikel ini mengalami perubahan judul per Selasa, 10 Agustus 2021, pukul 15.21 WIB. Sebelumnya di judul tertulis Arti Al Malik dan Al Quddus dalam Asmaul Husna: Makna & Teladannya.

Baca juga artikel terkait ASMAUL HUSNA atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight