Argentina vs Israel, Ketua Federasi Palestina Ajak Bakar Kaus Messi

Oleh: Fitra Firdaus - 4 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sebagai bentuk penolakan laga Argentina vs Israel yang akan digelar akhir pekan ini, ketua PFA Jibril Rajoub mengajak penggemar sepakbola untuk membakar foto dan jersey Lionel Messi.
tirto.id - Menjelang laga uji coba Piala Dunia 2018 antara Argentina vs Israel, ketua Federasi Sepak Bola Palestina (PFA), Jibril Rajoub mengajak penggemar di negaranya membakar foto dan kaus Lionel Messi. Hal ini adalah bentuk protes atas laga yang disebut Rajoub 'alat politik' Israel.

"Pemerintah Israel telah mengubah pertandingan olahraga reguler menjadi alat politik. Sebagaimana hal ini diliput media Argentina, pertandingan ini sekarang dimainkan agar dapat merayakan ulang tahun ke-70 negara Israel," tulis Rajoub dalam surat kepada Claudio Tapia, ketua Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA), dikutip Antara.

Rajoub menilai, laga Israel vs Argentina yang akan digelar di Stadion Teddy Kollek pada Sabtu (9/6) berbau politik, karena stadion tersebut terletak di Yerusalem barat. Kota tersebut selama ini menjadi sumber sengketa antara Palestina dan Israel.

Palestina ingin bagian timur Yerusalem sebagai ibukota negara mereka pada masa depan. Sebaliknya, Israel mendapatkan dukungan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang menyebut Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Pertandingan Israel kontra Argentina sendiri, awalnya hendak dimainkan di Haifa. Namun, otoritas Israel mengucurkan dana sehingga laga tersebut dapat digelar di Yerusalem.

"Pemerintah Israel mencoba memberikan arti politik dengan memaksa (pertandingan) diadakan di Yerusalem," kata Rajoub dalam konferensi pers, dikutip Antara.

Terkait Lionel Messi, menurut Jibril Rajoub, karena pemain Barcelona tersebut adalah ikon besar dalam dunia sepak bola, maka PFA berencana 'menciptakan keadaan' yang membuat Messi mengurungkan niat tampil dalam laga tersebut. Rajoub meminta penggemar sepak bola di seluruh dunia, bukan hanya Palestina, untuk membakar foto dan kaus Messi sebagai bentuk tuntutan kepada kapten Argentina tersebut.

"Ia adalah simbol besar maka kami akan mengincar dia secara pribadi dan kami meminta semuanya untuk membakar fotonya dan kaus-kausnya dan untuk mengabaikan dia. Kami masih berharap Messi tidak akan datang," tambah Rajoub.

Argentina sendiri sebelumnya sudah menjalani satu pertandingan persahabatan melawan Haiti yang berakhir dengan skor 4-0. Lionel Messi mencetak hattrick dalam laga tersebut. Laga melawan Haiti dan Israel adalah rangkaian persiapan Argentina menjelang Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Rusia sejak 14 Juni mendatang.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Sumber: antara
Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight