Arab Saudi Berencana Gelar Bull Run dan Konser Jay Z Tahun Ini

Oleh: Yantina Debora - 24 Januari 2019
Otoritas Hiburan Arab Saudi bakal gelar Bull Run hingga Konser Jay Z guna menjadi tujuan hiburan dunia.
tirto.id - Tahun 2019 akan menandai dimulainya fase baru untuk sektor hiburan di Arab Saudi dengan sejumlah proyek dan acara seperti Bull Run, konser musik, pameran internasional, kompetisi Ramadhan, acara e-gaming, dan bahkan yang terkenal di dunia Museum lilin Madame Tussauds.

Mengutip Aljazeera, Kamis (24/1/2019), Turki bin Abdulmohsen Al-Shaikh selaku kepala Otoritas Hiburan Arab Saudi (GEA) berencana untuk mengadakan acara yang mirip dengan perlombaan banteng Spanyol.

Tak hanya itu, GEA bakal menghadirkan konser rapper dunia Jay Z yang bakal membuat negara konservatif itu menjadi pusat hiburan dunia.

Dilansir dari Al Araby, selain menampilkan Jay Z, konser musik tersebut juga bakal menghadirkan DJ Khaled dan penyanyi Arab Saudi Mohammed Abdu. Namun belum ada jadwal lengkap soal konser musik itu.


Acara olahraga juga dipastikan bakal mewarnai kalender hiburan Arab Saudi tahun ini. Menurut Otoritas hiburan Saudi, David Beckham dan Zinedine Zidane juga akan mengunjungi kerajaan Teluk itu. Hiburan lain yang segera hadir di Saudi yakni Museum Lilin Madame Tussaud.

Strategi itu dilancarkan pihak kerajaan dalam upaya untuk menjadikan Arab Saudi berada di lima besar tujuan hiburan di kawasan Asia dan 10 besar secara global.

GEA juga meluncurkan identitas barunya dan meluncurkan platform acara baru yang disebut "Enjoy Saudi".

Reputasi Arab Saudi terpukul setelah pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, yang dibunuh oleh pasukan pembunuh Saudi di dalam konsulatnya di Istanbul tahun lalu.

Selain itu, berdasarkan Visi 2030, Saudi berusaha untuk tak tergantung pada pendapatan dari sektor energi.

Arab Saudi telah menghadapi kondisi ekonomi yang sulit dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena periode penurunan harga minyak yang berkepanjangan. Oleh sebab itu, Arab Saudi menggenjot pendapatan negara dari sektor lain termasuk hiburan.

Baca juga artikel terkait KONSER MUSIK 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live