Apa Itu Threads di Instagram dan Bagaimana Menggunakannya?

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 6 Jul 2023 12:15 WIB | Diperbarui 7 Jul 2023 09:34 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Apa itu Threads di Instagram dan bagaimana cara membuatnya?
tirto.id - Instagram meluncurkan aplikasi baru bernama Threads. Pimpinan Meta, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa aplikasi Threads yang baru diluncurkan perusahaan bertujuan untuk mengungguli Twitter.

Threads diprediksi akan menarik pengguna Twitter yang tidak senang dengan perubahan terbaru pada platform milik Elon Musk tersebut.

Threads memungkinkan pengguna untuk memposting hingga 500 karakter, dan memiliki banyak fitur mirip Twitter.

Aplikasi ini melewati lima juta pendaftaran dalam empat jam pertama, kata Zuckerberg. Ketika ditanya di Threads apakah aplikasi ini akan "lebih besar dari Twitter", Zuckerberg berkata:

"Ini akan memakan waktu, tapi saya pikir harus ada aplikasi percakapan publik dengan lebih dari 1 miliar orang di dalamnya. Twitter memiliki kesempatan untuk melakukan ini tetapi belum berhasil. Mudah-mudahan kami akan melakukannya," katanya dikutip BBC.


Cara Membuat Threads di Instagram

Meskipun Threads menjadi aplikasi mandiri, pengguna dapat login menggunakan akun Instagram. Nama pengguna Instagram mereka tetap ada, tetapi ada opsi untuk menyesuaikan profil mereka khusus untuk Threads.

Pengguna juga akan dapat memilih untuk mengikuti akun yang sama dengan yang mereka lakukan di Instagram, Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menjadi pribadi di Instagram, tetapi publik di Threads.

Untuk membuat threads di Instagram, lakukan ini:

1. Setelah login ke aplikasi, ketuk posting di bagian bawah.
2. Masukkan apa yang ingin Anda sertakan di utas Anda.
3. Untuk melampirkan foto atau video ke utas Anda, ketuk lampirkan dan pilih hingga 10 item yang ingin Anda lampirkan. Ketuk Selesai (Android) atau Tambah (iPhone) di kanan atas.
4. Untuk menambahkan ke utas Anda, ketuk Tambahkan ke utas. Jika utas Anda berisi lebih dari 500 karakter, utas lain akan ditambahkan secara otomatis.
5. Untuk mengubah siapa yang dapat membalas utas Anda, ketuk Siapa pun dapat membalas di kiri bawah. Anda dapat membatasi siapa saja yang dapat membalas Profil yang Anda ikuti atau Disebutkan saja. Jika Anda membatasi balasan, utas Anda tidak akan dibagikan dengan pengikut fediverse Anda.

Perhatikan bahwa jika seseorang membalas utas Anda dan Anda menghapus utas Anda, balasan mereka tidak akan dihapus. Jika profil pribadi yang tidak Anda ikuti membalas utas Anda, Anda tidak akan dapat melihat balasan mereka.

Anda dapat memilih untuk membagikan utas Anda ke Instagram dan aplikasi lain dengan mengetuk kirim (tombol pesawat) di bawah postingan Anda.

Threads memiliki keunggulan signifikan karena terhubung ke Instagram, dan ratusan juta pengguna sudah ada di platform itu.

Di Threads, postingan Anda dapat dibagikan ke Instagram dan sebaliknya dan dapat menyertakan tautan, foto, dan video berdurasi hingga lima menit.

Namun, beberapa pengguna melaporkan masalah saat mengupload gambar. Pengguna melihat umpan posting, yang disebut Meta sebagai "thread", dari orang yang mereka ikuti serta konten yang direkomendasikan.

Mereka dapat mengontrol siapa yang dapat menandai mereka dan memfilter balasan postingan yang berisi kata-kata tertentu.

Berhenti mengikuti, memblokir, membatasi, atau melaporkan profil lain juga dimungkinkan, dan akun apa pun yang diblokir pengguna di Instagram secara otomatis diblokir di Threads.

Meta menekankan hubungan Threads dengan Instagram, tetapi beberapa ahli berfokus pada kemiripannya dengan Twitter, dengan beberapa investor menggambarkan aplikasi tersebut sebagai "pembunuh Twitter".


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight