Apa Itu Overhaul Mesin Mobil? Ini Fungsi dan Harganya

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 12 Feb 2024 09:19 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal apa itu overhaul mesin mobil, apa fungsi, dan berapa perkiraan harganya? Simak artikel berikut ini.
tirto.id - Pengguna mobil kerap mendengar istilah overhaul. Adapun overhaul mesin adalah proses membongkar mesin kendaraan untuk diperiksa atau diperbaiki komponen-komponen di dalamnya (seandainya rusak).

Mengutip laman View Tech, cara overhaul mesin mobil merujuk pada segala pemeriksaan mesin, perbaikan, serta perubahan, sebagai solusi mengembalikan kondisi mesin seperti semula. Istilah lain yang kerap disebut dalam aktivitas ini adalah turun mesin.

Beberapa kendaraan memang harus menjalani servis besar overhaul mesin jika kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk berjalan. Oleh sebab itu, turun mesin dilakukan untuk menjalankan kembali performa yang sebelumnya ada. Lantas, apa fungsi overhaul? Apa saja perbedaannya dengan tune up?

Fungsi Overhaul Mesin


Overhaul mesin mobil diklasifikasikan menjadi dua jenis. Di antaranya overhaul major yang memeriksa keseluruhan mesin, kemudian overhaul minor yang memperbaiki mesin namun tak membuka bagian silinder mekaniknya.


Sebagaimana dikutip dari Car Some, overhaul bisa dijalankan seandainya mesin mengalami penurunan performa, kapasitas oli kurang karena rembes, komponennya bocor/rusak, dan overheat.

Selain itu, dapat pula dilakukan jika mobil mengeluarkan asap putih, mesin sering mendadak mati, dan air radiator yang kerap menyembur.


Adapun fungsi overhaul mesin adalah memastikan agar komponen di dalamnya bersih, tidak rusak, dan masih banyak lagi. Berikut ini daftar fungsi overhaul mesin mobil.
  1. Memeriksa sejumlah komponen yang ada di dalam mesin (seperti ring piston, gasket, bearing, dan lain-lain), seandainya rusak akan diganti atau diperbaiki;
  2. Membersihkan ruang pembakaran di mesin, biasanya terdapat kotoran karbon yang menumpuk di sana sehingga performa mobil mengalami sedikit ataupun banyak penurunan;
  3. Melakukan penyetelan ulang posisi katup di mesin mobil, kerap disebut sebagai valve seat ataupun dudukan katup;
  4. Merekondisikan permukaan bagian dalam silinder mesin agar menempel secara sempurna ke dinding silinder mesin;
  5. Memastikan agar mesin mobil mendapatkan performa awalnya.

Perbedaan Overhaul dengan Tune Up

Overhaul mesin mobil dengan tune up kerap mengalami ketabuan makna di kepala pengendaranya. Kebingungan tersebut dapat diatasi lantaran kedua jenis perbaikan yang dilakukan dalam prosesnya berbeda.

Perbaikan overhaul mesin adalah pembongkaran mesin secara keseluruhan untuk diperiksa serta diperbaiki bagian rusaknya. Dengan begitu, setiap komponen di dalam mesin mobil akan dipantau kondisinya.

Sementara itu, tune up mobil berarti membuat mesin kendaraan kembali pada kondisi awalnya. Prosesnya berbeda lantaran tune up hanya memeriksa sebagian part, tidak mengalami pembongkaran keseluruhan.

Turun Mesin Mobil Harga Berapa?

Pertanyaan tentang overhaul mesin adalah sesuatu yang kerap diajukan oleh pengendaranya. Adapun overhaul mesin mobil mempunyai harga kisaran yang berbeda-beda, tergantung kondisi parah tidaknya dan kebijakan bengkel.

Pengguna mobil dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pihak teknisi, membawa kendaraan ke bengkel dan meminta harga kisaran turun mesin.

Biasanya harga turun mesin mobil dibanderol jutaan rupiah. Seandainya ada beberapa komponen yang perlu diganti, harga overhaul mobil tentunya akan mengalami peningkatan pula.


Baca juga artikel terkait APA ITU OVERHAUL MOBIL atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight