Menuju konten utama
Pendidikan Ekonomi

Apa Itu Harga Pasar dan Faktor-faktor Terbentuknya Harga Pasar

Pengertian harga pasar dan, proses faktor-faktor pembentukan harga pasar.

Apa Itu Harga Pasar dan Faktor-faktor Terbentuknya Harga Pasar
Pedagang menunggu calon pembeli di kios Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu 19/11/2022). . ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.

tirto.id - Dalam ilmu ekonomi, harga pasar didefinisikan sebagai nilai barang/jasa yang sudah disepakati pihak penjual (produsen) dan pihak yang membeli (konsumen).

Kotler dan Amstrong dalam Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2 (2001), menyebut harga sebagai jumlah uang yang dibebankan pada produk atau yang harus dibayar ketika seseorang ingin memperoleh manfaat produk.

Harga ini dijadikan sebagai acuan dalam penghitungan nilai jual suatu barang atau jasa. Ketika harga pasar terbentuk, maka aktivitas jual-beli pun menjadi lebih mudah prosesnya.

Upaya penetapan harga tersebut dilakukan demi menguntungkan para produsen. Sementara, di sisi lain para pembelinya juga tidak merasa keberatan membayar produk yang ditawarkan lantaran masih terjangkau daya belinya.

Lantas, bagaimana proses terbentuknya harga pasar dan faktor apa saja yang mempengaruhinya?

Proses Terbentuknya Harga Pasar

Dalam proses pembentukan harga pasar, produsen barang/jasa mempunyai peran sebagai pihak yang menawarkan barang.

Sementara itu, konsumen atau pembeli produk dianggap sebagai pihak yang meminta kebutuhan barang.

Dikutip dari catatan situs Kemdikbud, harga pasar pun terbentuk ketika kedua belah pihak menyetujui suatu nilai tertentu. Harga pasar yang seimbang dikenal juga sebagai ekuilibrium.

Berikut ini tahapan proses terbentuknya harga pasar secara umum.

  1. Pihak konsumen (pembeli) meminta kebutuhan suatu barang/produk di pasar;
  2. Pihak produsen (penjual) menawarkan produknya;
  3. Terjadi tawar menawar mencari harga yang pas sesuai penawaran dan permintaan;
  4. Titik permintaan dan penawaran akan mencapai satu titik nilai kesepakatan;
  5. Terbentuklah harga pasar.

Faktor-faktor Terbentuknya Harga Pasar

Pada penjelasan di atas, hukum permintaan dan penawaran dalam ekonomi memang cukup penting posisinya dan diklaim bisa membentuk harga pasar.

Akan tetapi, ada juga faktor-faktor lain yang menyebabkan terbentuknya harga-harga tersebut.

Mahfoedz (2005) dalam tulisan M. Bayu Adrio bertajuk “Harga, Pembentukan Harga Dan Keseimbangan Pasar”, menerangkan tujuan penetapan ini agar penjual bisa tercapai targetnya.

Selain itu, agar bisa memperoleh laba, berkembang produknya, hingga meluas target pasarnya. Agar tidak mengalami kerugian, terkadang ada kenaikan atau penurunan harga yang disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

    • Biaya tranportasi: jumlah uang yang digunakan untuk transport barang/jasa.
    • Biaya penyimpanan: jumlah uang sewa penyimpanan barang/jasa.
    • Biaya risiko: jumlah uang cadangan untuk backup ketika terjadi kerugian.
    • Biaya penguatan pengemasan: jumlah uang untuk mengemas produk sebaik mungkin.
    • Biaya bahan baku: jumlah uang untuk keperluan bahan baku produk.
    • Biaya tenaga kerja: jumlah uang yang digunakan untuk menggaji karyawan.
    • Biaya overhead pabrik: jumlah uang yang dikeluarkan untuk kebutuhan tak terduga.

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Dhita Koesno