Apa Itu Feeling Worthless & Cara Atasi Saat Merasa Tidak Berharga

Oleh: Erika Erilia - 18 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Feeling worthless adalah gejala depresi yang paling erat kaitannya dengan usaha bunuh diri.
tirto.id - Feeling worthless adalah kondisi ketika seseorang merasa tidak berharga. Perasaan seperti ini cenderung membuat orang merasa putus asa, tidak berguna, dan yakin bahwa dirinya tidak bernilai apa-apa.

Kondisi ini tentu tidak bisa dianggap sepele. Bila seseorang mengalami kondisi ini secara terus-menerus, bukan tidak mungkin hal tersebut akan berujung pada depresi hingga upaya bunuh diri.

Dilansir laman Good Therapy, sebuah studi dari Seoul National University menunjukkan bahwa feeling worthless adalah gejala depresi yang paling erat kaitannya dengan usaha bunuh diri.


Apa Penyebab Feeling Worthless?

1. Selalu mengalami hal buruk

Hal utama yang menyebabkan munculnya rasa tidak berguna adalah ketika seseorang mengalami hal buruk secara berkelanjutan. Hal buruk yang dimaksud bisa berupa dipecat dari tempat kerja, susah mendapatkan pekerjaan, gagal dalam percintaan, atau mengalami kesulitan finansial.

Pengalaman buruk yang datang silih berganti akan membuat seseorang mempertanyakan makna hidup. Ia bahkan bertanya-tanya apakah dirinya memang tidak pantas mendapatkan kebahagiaan seperti orang lain.

Hal ini akan berujung pada rasa putus asa, cemas, sulit melihat segala sesuatu dari sisi positif, dan akhirnya merasa depresi.

2. Kritik negatif

Feeling worthless juga bisa muncul karena kritikan yang datang terus-menerus. Bayangkan bila setiap gerakan Anda selalu dikritik oleh orang lain, lambat laun akan muncul perasaan bahwa Anda memang selalu salah dan tidak berguna.

Sementara itu, kritikan bisa datang dari mana saja, termasuk dari orang terdekat seperti teman dan keluarga. Namun yang paling fatal adalah ketika kritikan negatif selalu datang dari diri sendiri. Hal ini akan membuat orang tersebut sulit melihat kelebihan atau aspek positif dari dirinya.

3. Trauma masa kecil

Masa kecil yang tidak bahagia juga bisa jadi penyebab munculnya feeling worthless. Seseorang rentan merasa dirinya tidak berharga bila di masa kecilnya pernah mendapat perlakuan buruk dari orang tua. Misalnya penganiayaan, diabaikan, dan pelecehan secara fisik maupun verbal.


Tanda-Tanda Feeling Worthless

Dikutip dari Good Therapy, orang yang mengalami feeling worthless akan merasakan sekaligus melakukan hal-hal berikut ini:
  • Selalu berpikir negatif
  • Sering menangis dan sedih
  • Mengalami gangguan kecemasan sosial
  • Kehilangan tujuan hidup
  • Hilangnya minat atau ketertarikan dalam banyak hal
  • Muncul pikiran untuk bunuh diri
  • Menjauh dari interaksi sosial
  • Mudah terjebak penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau alkohol
  • Selalu merasa lesu
  • Berkurangnya kemampuan mengekspresikan emosi
  • Tidak peduli lagi dengan diri sendiri (tidak melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan, mandi, dll)
Cara Mengatasi Feeling Worthless

1. Berpikir dan berkata positif

Orang yang mengalami feeling worthless cenderung merasa tidak mampu melakukan banyak hal, padahal sebenarnya ia bisa mengerjakannya. Alih-alih mengatakan "aku tidak akan bisa melakukan hal sebesar itu", ganti dengan kalimat "aku bisa melakukan hal-hal kecil yang berguna".

2. Jangan bandingkan diri dengan orang lain

Dikutip dari VerywellMind, bersyukur bisa jadi salah satu kunci untuk mengusir rasa feeling worthless. Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan menimbulkan rasa iri dan perasaan tidak berguna. Jadi, ketimbang sibuk melihat orang lain, lebih baik bersyukur dengan apa yang Anda punya dan fokus pada kelebihan diri sendiri.

3. Lakukan hal baik untuk orang lain

Jika merasa tidak berharga, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membantu orang lain. Dengan kata lain, buat diri Anda berguna bagi orang-orang di sekitar Anda.

Ada banyak hal kecil yang bisa dilakukan. Mulai dari membukakan pintu untuk orang lain, tersenyum pada teman, membantu seseorang menyeberang jalan, dan masih banyak lagi.


Baca juga artikel terkait FEELING WORTHLESS atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight