Apa Itu Buah Gomu Gomu No Mi One Piece, Asal Usul hingga Harga

Kontributor: Balqis Fallahnda, tirto.id - 29 Agu 2023 19:13 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Buah Gomu Gomu no Mi yang viral usai di-review Ci Mehong adalah buah fantasi dari serial anime One Piece karya Eiichiro Oda.
tirto.id - Informasi mengenai asal usul, harga, hingga manfaat buah Gomu Gomu No Mi jadi perbincangan usai Tjioe Nofia Handayani alias Ci Mehong me-review-nya di laman media sosial Instagram dan TikTok pribadinya @pikbakinghouse.

Dalam video review-nya tersebut, Ci Mehong terlihat membuka peti kayu dengan buah berwarna ungu di dalamnya. Ternyata, menurut penjelasan Ci Mehong, buah itu adalah Gomu Gomu No Mi, buah fantasi yang di datangkan dari Grand Line dalam serial anime One Piece.

Rupanya, video review yang diunggah oleh Ci Mehong itu adalah salah satu bagian dari promosi serial live action One Piece yang dijadwalkan tayang pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Review buah Gomu Gomu import dari Grand Line versi Ci Mehong. Buah super langka yang mehong banget, nggak semua orang bisa dapatkan. Rasanya? Di luar dugaan dan susah dijelaskan. Yang jelas, buah ini bisa diliat di serial live action One Piece, tayang 31 Agustus hanya di @Netflix Indonesia,” tulis Ci Mehong pada Senin, 28 Agustus 2023.

Apa Itu Buah Gomu Gomu No Mi, Asal Usul dan Harganya?



Gomu Gomu no Mi adalah buah fantasi dari serial anime One Piece karya Eiichiro Oda. Dikisahkan Gomu Gomu no Mi memiliki nama asli Hito Hito no Mi merupakan buah Iblis tipe Zoan Mitos yang memungkinkan tubuh penggunanya untuk meregang, membuat penggunanya menjadi Manusia Karet. "Gomu" berarti "Permen Karet" dalam bahasa Jepang.

Di awal serial, buah ini merupakan harta karun yang diambil Shanks dan krunya dari anggota CP9 Who's Who, namun secara tidak sengaja dimakan oleh protagonist sekaligus karakter utama dalam serial One Piece, Monkey D. Luffy.

Dalam versi kedua Romance Dawn, buah ini awalnya milik kakek Luffy yang diambil dari musuh yang tidak disebutkan. Dalam Romance Dawn, Versi 2, Gomu Gomu no Mi diperkirakan oleh kakek Luffy bernilai 5.000.000.000 Berry/Belly (mata uang serial One Piece).

Gomu Gomu no Mi adalah buah berwarna ungu, berbentuk bulat dengan batang yang tumbuh dari bagian atas, dengan pusaran yang membentuk pola seperti huruf "S" keriting.

Penampilannya secara keseluruhan sangat menyerupai Yubari King. Meskipun desain akhirnya memiliki pusaran Buah Iblis yang khas di sekelilingnya, namun pada awalnya buah ini digambar tanpa pusaran tersebut dalam versi pertama Romance Dawn.

Manfaat Buah Gomu Gomu No Mi



Manfaat dari buah Gomu Gomu no Mi memainkan peran penting dalam serial One Piece. Luffy menggunakan kemampuan Gomu Gomu no Mi-nya untuk menggerakkan perahu yang digerakkan dengan kipas angin, kekuatan buah ini telah digunakan oleh Luffy dalam berbagai cara.

Mulai dari sekadar berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cara yang agak sembrono, hingga menyerang musuh dengan rentetan pukulan yang cepat dan kuat.

Dia juga telah mengembangkan beberapa metode pertarungan yang aneh seiring berjalannya waktu, mengadaptasi bentuk baru dengan memanipulasi tubuhnya yang elastis, dan paling menonjol adalah bentuk "Gear Second" serta "Gear Third", yang memungkinkannya untuk sesaat meningkatkan kekuatannya dalam pertarungan.

Setelah timeskip, dia telah belajar untuk menggunakan Haki bersama dengan kekuatan buah, serta memiliki kontrol lebih besar atas bentuknya.

Luffy tidak hanya menggunakan kemampuannya untuk bertarung. Saat bersama krunya, atau bahkan saat berpesta dengan orang lain, Luffy cenderung menggunakan sifat elastisnya untuk humor dan kegembiraan orang lain, seperti membuat wajah lucu, atau menggunakan bagian tubuhnya yang meregang untuk bermain-main.

Sering kali di sepanjang seri dia akan meregangkan dan mencuri makanan orang lain, yang membuat mereka jengkel. Dia juga menggunakannya untuk fungsi-fungsi utilitas, seperti transportasi, misalnya menggunakan "Gomu Gomu no Rocket" miliknya untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan cepat. Luffy juga kerap membiarkan orang lain bermain dengan tubuhnya yang melar, untuk dimanfaatkan.


Baca juga artikel terkait GOMU GOMU NO MI atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight