Apa itu Abris Sous Roche di Masa Praaksara Sejarah dan Fungsinya

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 27 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal apa itu Abris Sous Roche dan fungsinya pada zaman Mesolithikum.
tirto.id - Abris Sous Roche adalah goa-goa yang dijadikan tempat tinggal dan berfungsi sebagai tempat berlindung manusia purba dari cuaca dan binatang pada zaman Mesolithikum.

Penyelidikan pertama terkait Abris Sous Roche yaitu oleh Dr. Van Stein Callenfels pada kurun 1928-1931 di Goa Lawa dekat Sampung Ponorogo, Jawa Timur.

Manusa purba pendukung Kebudayaan Abris Sous Roche yaitu manusia purba jenis Papua Melanosoide.

Abris Sous Roche sebenarnya hanyalah sebuah ceruk di dalam batu karang yang cukup untuk memberikan perlindungan dari panas, hujan, dan serangan binatang.

Sejarah dan Pengertian Abris Sous Roche

Dikutip dari modul Sejarah Indonesia Kelas X oleh Veni Rosfenti (2020:4), Abris Sous Roche adalah goa-goa yang dijadikan tempat tinggal dan berfungsi sebagai tempat berlindung manusia purba dari cuaca dan binatang pada zaman Mesolithikum.

Pernyataan ini, didukung dengan penemuan perkakas seperti ujung panas, flakes, batu penggiling, alat-alat dari tulang, dan tanduk di dalam gua.

Dikutip dari buku Sejarah Indonesia Kelas X (2014:55), penelitian pertama terkait Abris Sous Roche yaitu dilakukan oleh Dr. Van Stein Callenfels. Penyelidikan ini berlangsung pada kurun 1928-1931 di Goa Lawa dekat Sampung Ponorogo Jawa Timur.

Kebudayaan Abris Sous Roche juga banyak ditemukan di daerah Besuki (Bojonegoro) dan Lamoncong (Sulawesi Selatan).

Dikutip dari buku Menelusuri Jejak-Jejak Masa Lalu Indonesia oleh Yusliani Noor dan Mansyur (2015:45), Kebudayaan Abris Sous Roche berada pada zaman Mesolithikum.

Manusia purba pendukung Kebudayaan Abris Sous Roche yaitu manusia purba jenis Papua Melanosoide.

Penelitian terkait penyebaran pebble dan kapak pendek dilakukan para Arkeolog di daerah Teluk Tonkin sebagai daerah asal bangsa Papua Melanosoide.

Fungsi Abris Sous Roche

Dikutip dari buku Menelusuri Jejak-Jejak Masa Lalu Indonesia oleh Yusliani Noor dan Mansyur (2015:41), Abris Sous Roche merupakan lingkungan kedua setelah Kjokkenmoddinger pada zaman Mesolithikum.

Abris Sous Roche adalah gua-gua yang dipakai untuk tempat tinggal manusia purba pada masa itu.

Abris Sous Roche sebenarnya hanyalah sebuah ceruk di dalam batu karang yang cukup untuk memberikan perlindungan dari panas, hujan, dan serangan binatang.


Baca juga artikel terkait ILMU ANTROPOLOGI atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight