Apa Fungsi dan Keunggulan Kamera Ganda di Samsung Galaxy M20?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 12 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jika ditambah lensa selfie, maka Samsung Galaxy M20 total mengusung 3 kamera.
tirto.id - Kendati fotografi bukan jadi sektor yang ditonjolkan Galaxy M20, Samsung membekali perangkat ini dengan kamera belakang ganda. Lantas, apa fungsi dan keunggulannya?

Kamera ganda di Galaxy M20 masing-masing memiliki konfigurasi 13MP (utama) dan 5MP. Untuk kamera utama didukung lensa aperture f/1.9 dilengkapi fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan LED flash.

Selain itu, Galaxy M20 juga didukung fitur Low Light yang membuat kamera 13MP andalannya mampu menghasilkan bidikan cerah dan jelas kendati dalam kondisi minim cahaya.

Sementara kamera kedua yang berkekuatan 5MP, didukung lensa aperture f/2.2 dan berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh ala kamera DSLR. Samsung juga menyuntikkan fitur Live Focus untuk memudahkan pengguna menentukan titik fokus dan mengatur tingkat blur atau bokeh sesuai selera.

Tak hanya itu, kamera kedua Galaxy M20 juga dapat memotret wide angle. Kemampuan seperti ini jarang dimiliki oleh ponsel lain di kelasnya.

Berkat fitur tersebut, kamera kedua Galaxy M20 mampu menghasilkan foto dengan Field of View (FoV) 120 derajat sehingga dapat menangkap subyek yang lebih luas.

Guna memuaskan hasrat selfie, Samsung membekali Galaxy M20 kamera depan berkekuatan 8MP. Resolusi kamera depannya memang tidak terlalu tinggi, tetapi dirasa cukup memadai untuk kebutuhan swafoto. Baik kamera depan maupun kamera belakang ponsel ini mampu merekam video FHD frame rate 30fps.

Seperti disinggung di awal, Galaxy M20 tak menonjolkan sektor fotografi lantaran yang diandalkan adalah kapasitas baterainya, mencapai 5.000mAh.

Sektor catu daya ini sudah dilengkapi fitur fast charging tapi Samsung tidak menjelakan teknis atau daya dari teknologi tersebut.

Adapun Galaxy M20 resmi diperkenalkan di Indonesia dalam sebuah acara peluncuran di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Berdasarkan informasi dari laman Samsung Indonesia diakses Selasa (12/2), Galaxy M20 akan dijual perdana melalui flash sale tepat di Hari Valentine atau pada Kamis (14/2) mendatang, harga Rp2.699.000.

Pihak Samsung Indonesia telah menunjuk tiga e-commerce, yakni Blibli.com, Lazada, dan JD.ID, yang bakal menghelat flash sale tersebut tepat pukul 09.00 WIB.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi