Apa Fungsi 4 Kamera Belakang di Samsung Galaxy A9?

Oleh: Ibnu Azis - 21 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jika ditambah lensa selfie, maka Samsung Galaxy A9 total membawa lima kamera.
tirto.id - Galaxy A9 hari ini, Rabu (21/11/2018), resmi hadir di Indonesia, yang mengandalkan sektor fotografi dengan empat kamera di bagian belakang. Samsung mengklaim, konfigurasi quad camera ini merupakan yang pertama di dunia. Lantas, apa saja fungsi masing-masing kamera tersebut?

Seperti dirangkum dari laman resmi Samsung, empat kamera Galaxy A9 masing-masing memiliki konfigurasi lensa utama 24MP, telephoto 10MP, ultra wide angle 8MP, dan depth sensor 5MP. Sementara kamera depan, Galaxy A9 mengandalkan lensa 24MP untuk mengakomodir kebutuhan selfie.

Lensa utama Galaxy A9 yang memiliki resolusi 24MP dan bukaan f/1.7 difungsikan untuk menangkap foto yang tajam dalam kondisi pencahayaan terang maupun redup. Dalam kondisi cahaya redup atau low light, kamera 24MP secara otomatis akan menyalurkan lebih banyak cahaya dengan menggabungkan piksel.

Berikutnya, lensa telephoto 10MP memiliki kemampuan dua kali optical zoom untuk mengambil foto dari jarak jauh dengan tajam dan detail. Fitur ini cocok bagi mereka yang menekuni fotografi satwa liar atau situasi apa pun yang mengharuskan jauh dari posisi objek.

Menurut Samsung, saat ini sebagian besar kamera smartphone hanya menangkap 77 persen dari jangkauan pandangan. Galaxy A9 melebihi itu hingga 120 derajat, sehingga memungkinkan pengguna mengambil foto dengan jangkauan yang lebih luas tanpa batas. Samsung menyebutnya sebagai sudut pandang yang sama dengan mata manusia.


Dengan teknologi tersebut maka akan membantu pengguna saat membidik foto lanskap, city scape, grup foto, atau dalam situasi apa pun yang membutuhkan jangkauan lebih luas untuk menangkap banyak objek ke dalam satu bingkai.

Terakhir, lensa 5MP bukaan f/2.2 dapat dimanfaatkan untuk memilih sensor kedalaman atau efek bokeh. Selain itu, hadirnya fitur Live Focus memungkinkan pengguna mengatur secara manual efek bokeh itu untuk menghasilkan foto menawan.

Selain itu, kamera Galaxy A9 secara otomatis akan mengenali 19 jenis adegan dan mengoptimalkan pengaturan warna. Galaxy A9 juga mampu mendeteksi jika ada cacat pada foto yang baru saja dibidik, (mata tertutup, wajah nge-blur, back-light), dan hadirkan notifikasi sehingga pengguna dapat mengambil ulang.

Sementara kamera depan Galaxy A9 yang memiliki resolusi 24MP juga dibekali dengan fitur AR Emoji. Pengguna dapat menambahkan sentuhan personal hingga 36 emoji animasi termasuk filter-filter untuk memperindah foto.

Adapun Samsung Galaxy A9 yang debut global di Kuala Lumpur, Malaysia, pada awal bulan Oktober lalu, di Indonesia dijual dengan harga Rp7,999 juta dan bisa dibeli offline pada 22 November mendatang.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis