Anies Pastikan Asian Games 2018 di Jakarta Akan Berlangsung Aman

Oleh: Hendra Friana - 14 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Anies pastikan 36.000 petugas telah dikerahkan untuk mengamankan Jakarta setelah teror bom Surabaya.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta pada Agustus mendatang akan berlangsung aman.

Menurutnya, rentetan teror bom di Surabaya dan Sidoarjo pada Minggu (13/5/2018) menjadi momentum bagi Jakarta untuk memperbaiki sistem pengamanan.

"Ini justru menjadi bahan untuk kita bisa lebih waspada melihat potensi potensi ancaman keamanan yang bisa kita deteksi. Jadi kasus-kasus seperti sekarang ini menjadi bahan untuk mengamankan Asian Games yang lebih baik," katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018).

Anies meminta warga tak perlu panik dan khawatir setelah teror bom yang terjadi di Surabaya pada Minggu (13/5/2018) kemarin.

"Saat ini kita melihat masih panjang perjalanan dengan Asian Games," tuturnya.

Ia mengatakan, Jakarta telah meningkatkan status keamanan menjadi siaga satu untuk mengantisipasi adanya teror bom dan serangan lainnya di instansi pemerintahan, rumah ibadah serta pusat-pusat keramaian.

"Seluruh aparat kepolisian, Kodam, Satpol PP dan aparatur pemerintah, semua dalam posisi siaga. Lebih dari 36.000 saat kita berbicara ini sedang bertugas di lapangan memastikan semua objek vital di Jakarta dalam posisi aman, dan bisa merespons cepat atas semua laporan yang ada dari masyarakat," katanya.


Hingga saat ini, lanjut Anies, situasi keamanan di Jakarta masih terkendali. Kemarin siang, ia juga mengeluarkan instruksi agar wali kota, bupati, camat, lurah, Kesatuan Bangsa dan Politik, Satpol PP, serta jajaran SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) meningkatkan kewaspadaan, pengawasan dan penjagaan lingkungan.

"Terutama objek vital dan titik kumpul massa," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Ia juga telah meminta beberapa SKPD berkoordinasi, mendukung dan memfasilitasi aparat kepolisian dan TNI dalam peningkatan status keamanan di Jakarta. Karena itu, ia mengimbau agar warga tak panik dan ikut-ikutan menyebar rasa takut dengan membagikan kabar berisi informasi teror bom yang belum jelas.

"Sampai dengan tadi pagi pun kami masih komunikasi terus. Bahkan tidak lama sebelum saya datang ke sini saya bicara dengan Pak Kapolda, memantau perkembangan terakhir. Alhamdulillah Jakarta aman terkendali," imbuhnya.


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight