Anies Lantik 3 Pimpinan SKPD Hasil Lelang Jabatan Jelang Tahun Baru

Reporter: Fadiyah Alaidrus, tirto.id - 31 Des 2018 21:44 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tiga pimpinan SKPD hasil lelang jabatan di Pemprov DKI Jakarta dilantik pada 31 Desember 2018.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik tiga pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada hari terakhir di Tahun 2018 atau Senin sore. Ketiganya merupakan pejabat yang lolos seleksi dalam lelang jabatan di Pemprov DKI Jakarta.

Tiga pejabat yang dilantik jelang tahun baru 2019 itu: Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Atika Nur Rahmania, Kepala Dinas Kehutanan Suzi Marsitawati dan Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda DKI Jakarta Iin Mutmainah.

“Alhamdulillah pada sore hari ini, tiga unit lingkungan Pemprov DKI Jakarta telah memiliki pimpinan baru. Ini adalah bagian dari proses [seleksi melalui lelang jabatan] yang kemarin diselenggarakan,” kata Anies dalam keterangan resminya pada Senin (31/12/2018).


Sebelumnya, Atika Nur Rahmania dan Suzi Marsitawati berstatus sebagai pelaksana tugas (Plt) kepala dinas di dua SKPD yang mereka pimpinan. Sedangkan Iin Mutmainah semula adalah Kepala Kantor Kecamatan Cipayung.

Pelantikan tiga pejabat itu berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1984 Tahun 2018 tanggal 31 Desember 2018 tentang Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakata.

"Kami berharap ibu-ibu yang baru dilantik dapat memanfaatkan kebaruan. Ini adalah awal tahun baru dan kesempatan melakukan perbaikan dan perubahan menjadi lebih baik, kami ingin terobosan untuk perbaikan dilakukan secara sistemik," kata Anies.


Pemprov DKI Jakarta sebelumnya menggelar lelang jabatan untuk mengisi 14 posisi. Lelang jabatan itu telah berakhir pertengahan Desember lalu. 14 posisi tersebut adalah:

1. Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah
2. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
3. Kepala Badan Kepegawaian Daerah,
4. Kepala Dinas Perindustrian dan Energi
5. Kepala Dinas Kehutanan
6. Kepala Dinas Bina Marga
7. Kepala Dinas Pendidikan
8. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik
9. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman
10. Kepala Dinas Kesehatan
11. Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Sekretariat Daerah
12. Kepala Biro Administrasi Sekretariat Daerah
13. Wakil Wali Kota Jakarta Timur
14. Wakil Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Anies tidak segera melantik para pejabat yang lolos seleksi lelang jabatan itu dengan alasan banyak dinas harus menuntaskan masalah penyerapan anggaran di tahun 2018 yang masih rendah. Pergantian pimpinan SKPD di bulan terakhir pada 2018 dikhawatirkan menganggu serapan anggaran di masing-masing SKPD.

Baca juga artikel terkait LELANG JABATAN atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Addi M Idhom

DarkLight