Anies Baswedan Imbau Warga Jakarta untuk Tenang

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 22 Mei 2019
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar masyarakat Jakarta untuk tenang dan meminta seluruh pihak untuk menahan diri.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar masyarakat Jakarta untuk tenang dan meminta seluruh pihak untuk menahan diri.

"Saya imbau semua tetap berkegiatan seperti biasa agar Jakarta tetap tenang dan aman," kata Anies saat ditemui di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, pada Rabu (22/5/2019). "Tempat yang ada kejadian di sekitar Thamrin dan Tanah Abang. Di luar tempat itu semuanya dalam kondisi baik, tenang," kata Anies.

Ia menegaskan agar semua pihak agar tidak terbawa informasi provokatif yang banyak beredar . "Sudah cukup ada korban, satu saja sudah terlalu banyak," kata Anies. "Jika ada pihak yang memancing terjadinya kericuhan sampai keributan justru dihentikan, jangan ikut terbawa."

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan menduga demonstran di Bawaslu pada Selasa malam (21/5/2019) berbeda dari massa siang hari. Massa malam hari berniat ingin rusuh, ujar Kombes Kurniawan.

Polisi berusaha membubarkan massa, tapi massa bersikap provokatif dan menantang polisi. Pukul 22:35, polisi menghalau massa ke arah Jalan Wahid Hasyim. Di sekitar jalan inilah, terutama di kawasan Pasar Tanah Abang, menjadi titik kericuhan antara massa dan polisi hingga Rabu dini hari (22/5/2019).

Baca juga artikel terkait AKSI 22 MEI atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo, Dieqy Hasbi Widhana, Arbi Sumandoyo & Andrian Pratama Taher
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Gilang Ramadhan