Anies Baswedan Ikut Berorasi di Aksi 115 Bela Palestina

Oleh: Naufal Mamduh - 11 Mei 2018
Dalam orasinya di Aksi 115, Gybernur Anies Baswedan mengatakan bahwa selama 73 tahun Republik Indonesia merdeka, Indonesia selalu konsisten untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut menyampaikan orasi saat menghadiri Aksi 115 Bela Palestina di Monas pada Jumat (11/5/2018).

Tirto sendiri sempat tidak mengetahui kedatangan Anies Baswedan. Namun pada pukul 11.33 WIB suara Anies dari atas panggung mulai terdengar dan memberikan pidatonya.

Anies menggunakan kemeja putih polos dan sorban dengan motif bendera Palestina. Pada pidatonya, Anies mengatakan bahwa selama 73 tahun Republik Indonesia merdeka, Indonesia selalu konsisten untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Disini kami kirimkan pesan bahwa 73 tahun kami Indonesia tidak pernah surut memperjuangkan kemerdekaan bagi Palestina " ucap Anies di Kawasan Monas, Jumat (11/5/2018).

Dirinya juga memuji para masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini karena kehadiran mereka sebagai bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam melepaskan negara Palestina dari dominasi negara Israel.


"Saudara-saudara adalah yang memilih berjuang disaat mereka memilih tidak melalukan hal yang sama. Wajah kita mungkin saja tak dikenal, tapi dunia akan bergetar atas pesan dari Jakarta untuk menyaksikan di tempat ini komitmen membela Palestina tidak pernah surut." tambah Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Anies juga mengimbau agar khatib-khatib Salat Jumat memberikan doa dan pesan dalam memperjuangkan negara Palestina. Terakhir Anies meminta agar para peserta bisa menjaga kebersihan dan ketertiban kawasan Monas.

"Pesan terakhir Monas tetap terjaga tertib dan aman. Monas menunjukan orang-orang yang menjaga keamanan maka tempat ini dijaga ketertibannya. Allhamdullilah sodara telah menunjukan sikap itu. Terimakasih telah menjadikan tempat ini adalah cahaya dunia dari tempat ini akan bergulir akan menular ke seluruh ibukota-ibukota dunia ini" tutupnya.

Anies pun tidak lupa turut melaksanakan salat jumat di Monas bersama para peserta aksi.


Baca juga artikel terkait AKSI BELA PALESTINA atau tulisan menarik lainnya Naufal Mamduh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Naufal Mamduh
Penulis: Naufal Mamduh
Editor: Yandri Daniel Damaledo