Andika Perkasa akan Ubah Strategi Penyelesaian Konflik di Papua

Oleh: Andrian Pratama Taher - 23 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Saat bertemu Kapolri Sigit, Panglima TNI Andika mengaku akan ke Papua dan mengumumkan strategi baru penyelesaian konflik Papua.
tirto.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku sempat membahas sejumlah langkah dalam penyelesaian konflik Papua. Andika akan ke Papua dan mengumumkan strategi penyelesaian konflik Papua saat kunjungan kerja nanti.

“Pasti (pembahasan soal penanganan konflik Papua). Nanti mudah-mudahan minggu depan saya akan ke Papua akan kami umumkan di sana. Itu utamanya," kata Andika saat berkunjung ke Mabes Polri, Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Sebagai catatan, Andika disebut memaparkan upaya baru dalam penyelesaian konflik Papua. Sejumlah anggota DPR yang hadir dalam fit and proper test menyebut Andika akan menggunakan pendekatan humanis dalam menangani konflik Papua.

Andika mengakui bahwa upaya pemberantasan kelompok kekerasan bersenjata akan menjadi perbincangan saat kunjungan di Papua. Ia mengaku ada beberapa tugas yang berlebihan dilakukan TNI-Polri. Kelebihan batasan itu pun sempat disinggung dalam pertemuan antara Andika dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Mabes Polri.

Selain itu, Andika mengaku juga membahas soal target vaksinasi yang masih di bawah 50 persen di Papua. Oleh karena itu, Andika akan ke Papua tidak sebatas menyelesaikan konflik, tetapi juga mendorong vaksinasi di Papua.

"Minggu depan saya ke sana untuk berusaha mempercepat persentase vaksinasi serta menjelaskan konsep yang baru dan sudah tadi dengan pembicaraan secara detail dengan kapolri gimana masing-masing," kata Andika.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengakui bahwa pertemuan antara dirinya dengan Andika sebagai upaya penguatan sinergitas TNI-Polri. Mereka juga membahas sejumlah tugas yang diberikan presiden seperti akselarasi vaksinasi demi memenuhi target 70 persen vaksinasi di akhir tahun.

Ia pun tidak memungkiri bahwa akan ada perubahan paradigma penanganan kasus seperti di Poso maupun Papua.

"Kemudian tentunya bagaimana kita ubah paradigma terhadap pola-pola penanganan terhadap beberapa gangguan kriminalitas seperti di Papua, di Poso dan juga kegiatan-kegiatan lain tentunya akan terus kita bangun, kita tingkatkan untuk memperkuat dan membesarkan apa yang selama ini sudah kita jalin khususnya di dalam hal sinergitas dan soliditas," kata Sigit di Mabes Polri, Jakarta, Selasa.


Baca juga artikel terkait PENANGANAN KONFLIK PAPUA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight