Menuju konten utama

Alibaba Group Investasi di Industri Hiburan dan Media

Alibaba Group mengumumkan peresmian Alibaba Digital Media & Entertainment Group dengan nilai investasi sebesar USD 1.48 juta yang akan diinvestasikan pada proyek-proyek baru di industri hiburan dan media digital. Langkah ini menandai konsolidasi bisnis hiburan dan media digital Alibaba

Alibaba Group Investasi di Industri Hiburan dan Media
Pengunjung berfoto di Booth f Alibaba Group saat pameran Cebit Information Technology Trade Show, Hannover, Jerman, (14/04/2016). foto/shuuterstock

tirto.id -

Alibaba Group mengumumkan peresmian Alibaba Digital Media & Entertainment Group dengan nilai investasi sebesar USD 1.48 juta yang akan diinvestasikan pada proyek-proyek baru di industri hiburan dan media digital. Langkah ini menandai konsolidasi bisnis hiburan dan media digital Alibaba, yang termasuk UCWeb, Youku Tudou, Alibaba Picture, Alibaba Music, Alibaba Gaming, Alibaba Literature dan unit bisnis Alibaba Digital Entertainment.

“Kami melihat potensi besar dalam unit hiburan dan media digital yang terintegrasi”, kata Daniel Zhang, Chief Executive Officer of Alibaba Group dalam pers rilisnya yang diterima tirto.id, Selasa (8/11/2016).

Laporan keuangan kuartal dua Alibaba FY 2016-17 menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang kuat sebesar 55%. Pertumbuhan yang kuat di masing-masing segmen memberikan kesempatan untuk berinvestasi untuk pengembangan di bidang hiburan dan media digital.

Sebagai bagian awal dari divisi hiburan dan media digital Alibaba Group, UCWeb merepresentasikan anak perusahaan yang paling aktif pada unit bisnis Alibaba Group Digital Media and Entertainment Business, menyediakan mobile value-added services untuk penggunanya, termasuk news feeds, navigasi mobile web dan pencarian mobile, telah memperluas bisnisnya yang berhubungan dengan industri hiburan secara global.

Produk unggulannya yaitu UC Browser telah meraih lebih dari 420 juta MAU secara global, angka yang sama dengan basis pengguna Twitter dan Instagram, Indonesia menjadi pangsa pasar ketiga terbesar di pasar negara berkembang.

Berdasarkan data dari StatCounter pada Oktober 2016, UC Browser juga menjadi mobile browser no.1 di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 48.47%. UC Browser mengklaim visinya sebagai “GUF”, yang berarti untuk membuat UC sama kuatnya seperti Google dan Facebook di seluruh dunia.

UCWeb juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan besar di pasar international. Barubaru ini, UC Browser dan UC News bekerjasama dengan Marvel untuk promosi film pada platform digital di Indonesia, yang menjadikannya sebagai partner IT resmi pertama untuk promosi film, yaitu Doctor Strange.

Pada bulan Agustus 2016, UCWeb mengumumkan strategi barunya di Indonesia – Dari Alat menjadi Distributor Konten, untuk membantu mendatangkan model bisnis baru untuk berbagai pihak. Untuk mengimplementasikan strategi baru ini, UCWeb telah meluncurkan UC News, platform yang didukung oleh big data, yang menyajikan berita pilihan dan terpopuler dari berbagai kategori yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia di perangkat mobile mereka.

Dalam waktu tiga bulan sejak peluncurannya, UC News telah menempati peringkat top 10 di Google Play Store, menjadikannya sebagai salah satu platform media terpopuler di Indonesia untuk mengakses konten berita

Baca juga artikel terkait ALIBABA atau tulisan lainnya dari Mutaya Saroh

tirto.id - Marketing
Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh