Liga Eropa 2019

Alasan Selebrasi Black Panther ala Pierre Emerick Aubameyang

Oleh: Yudha Najib - 15 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol keduanya dalam laga Arsenal kontra Rennes pada Jumat (15/3/2019) dengan memakai topeng Black Panther.
tirto.id - Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol keduanya dalam laga Arsenal kontra Rennes pada Jumat (15/3/2019) dengan memakai topeng Black Panther. Meski mendapatkan kartu kuning akibat aksi tersebut, bagi Auba topeng tersebut mewakili dirinya dan Gabon.

Aubameyang berhasil membawa Arsenal melaju ke babak 8 besar Liga Eropa setelah berhasil mengalahkan Rennes di leg kedua 16 besar dengan skor 3-0. Meski kalah 3-1 di leg pertama, dengan kemenangan telak ini, Meriam London berhasil membalikkan agregat jadi 4-3.

Dari tiga gol yang diciptakan Arsenal, Aubameyang berhasil melesatkan 2 gol dan satu assists. Gol pertamanya berhasil ia cetak pada menit ke 5, memanfaatkan umpan dari Aaron Ramsey.

Pemain timnas Gabon ini juga turut andil dalam gol kedua Arsenal. Ia memberikan umpan kepada Ainsley Maitland-Niles, yang menyelesaikannya dengan sundulan kepala.

Pada menit ke-72, Aubameyang berhasil mencetak gol keduanya untuk membawa Arsenal memimpin 3-0. Ia memanfaatkan umpan datar dari Sead Kolasinac. Setelah mecetak gol ini, dia melakukan selebrasi yang unik dengan memakai topeng Black Panther.

Tak hanya memakai topeng itu, Aubameyang juga melakukan salam Wakanda Forever. Namun, setelah melakukan selebrasi tersebut ia mendapatkan kartu kuning dari wasit.

“Saya membutuhkan topeng yang mewakili [diri] saya dan itu adalah Black Panther. Di [timnas] Gabon kami menyebut tim nasional Panthers," ungkap Aubameyang, dikutip BBC.



Aubameyang bukan sekali ini mengenakan topeng untuk merayakan gol. Ia juga melakukannya ketika masih berada di Borussia Dortmund bersama Marco Reus. Kala itu, ia memakai topeng Batman dan Reus menggunakan topeng kacamata yang identik dengan Robin, sahabat Batman.

Pemain bernomor punggung 14 ini juga pernah memakai topeng Spiderman dalam selebrasinya untuk Dortmund ketika melawan Bayern Munchen di Piala Super Jerman 2014.

Berdasarkan statistik Whoscored dari 10 pertandingan yang dijalani Arsenal di Liga Eropa 2018/2019, Aubameyang bermain 5 kali. Ia berhasil mengemas 4 gol dan satu assists.

Sementara di pertandingan kontra Rennes, dia berhasil melakukan lima kali tembakan. Ia juga sempat menyesalkan karena tidak bisa memanfaatkan dua peluang yang tercipta di menit-menit akhir.

“Saya melewatkan dua peluang untuk menutup pertandingan, tetapi yang paling penting adalah kami menang dan semua orang senang, juga bangga.” pungkas Aubameyang,

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA atau tulisan menarik lainnya Yudha Najib
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Yudha Najib
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Yudha Najib