Aktivitas yang Bisa Dilakukan Selama Social Distancing Bersama Anak

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 24 Maret 2020
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini adalah hal-hal menarik yang bisa dilakukan bersama dengan anak saat social distancing di rumah.
tirto.id - Virus corona atau yang dikenal dengan nama COVID-19 diketahui sedang menyerang dunia tak terkecuali Indonesia.

Virus ini pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina pada bulan Desember 2019. Penyebaran Covid-19 terbilang cukup cepat, dengan hanya melakukan kontak dengan penderita Covid-19 Anda berkemungkinan besar tertular Covid-19.

Kasus Covid-19 di Indonesia sendiri pertama kali terdeteksi pada tanggal 2 Maret 2020.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, pasien positif terinfeksi Covid-19 per 23 Maret 2020 sebanyak 579 jiwa.

Dari 579 pasien terinfeksi 49 di antaranya meninggal dunia dan 30 orang pulih. Penambahan pasien positif corona yang begitu cepat, membuat pemerintah mengeluarkan imbauan agar masyarakat melakukan social distancing.

Social distancing merupakan tindakan kita menjaga jarak dengan orang lain apalagi dalam jumlah yang banyak atau dalam kerumunan.

Jarak yang biasanya diterapkan pada social distancing yaitu dengan radius enam kaki atau dua meter.

Cara ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus dari orang yang terinfeksi. Social distancing bisa diberlakukan dalam beberapa aspek seperti menutup sekolah, restoran, toko, bioskop, dan tempat-tempat lain di mana orang berkumpul, tidak menggunakan transportasi umum, beribadah di rumah, bekerja dari rumah, dan belajar dari rumah.

Imbauan untuk melakukan social distancing selama 14 hari kemudian membuat kementerian pendidikan meliburkan aktivitas pendidikan selama 2 pekan.

Para siswa diminta melanjutkan belajarnya di rumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan yang memungkinkan kontak antara banyak orang.

Waktu selama 14 hari mestinya digunakan untuk mengisolasi diri dan membatasi keluar rumah.

Berhari-hari hanya melakukan kegiatan di dalam rumah mungkin akan terasa membosankan terlebih untuk anak, yang semula bebas bermain hingga kini harus dibatasi.

Orang tua dalam hal ini memiliki peranan penting untuk membuat anak tidak merasa bosan dan terkurung selama menjalani social distancing.

Ada berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang menjalani social distancing di rumah yang tentunya membuat anak merasa nyaman dan terhibur.

Seperti yang dilansir dari, Kidshealth beberapa kegiatan ini efektif mengusir kebosanan anak saat hanya berada di dalam rumah yaitu:

1. Melakukan Olahraga Bersama

Pada saat menjalankan social distancing, mungkin saja anak-anak dijauhkan dari kerumunan orang banyak.

Mereka yang biasanya berkegiatan secara aktif dapat secara drastis merasakan kesepian. Orang tua bisa melakukan kegiatan keluarga secara bersama-sama untuk menghilangkan kebosanan seperti bersepeda di area rumah, dan juga berjalan di area rumah.

Sesekali kegiatan itu bisa melepas kebosanan anak-anak yang hanya diam, namun melakukan kegiatan di luar juga harus sesuai standar yaitu dengan tidak melakukan kontak dengan sembarang orang dan menjaga jarak aman.

2. Bertemu menggunakan media sosial

Social distancing tidak serta merta membuat kita tidak bisa bersosialisasi. Orang tua bisa mengajak anak tetap bertemu dengan temannya melalui media sosial seperti Video Call atau Skype.

Komunikasi yang terjalin walau melalui media dapat membuat anak tidak bosan karena masih bisa berkomunikasi dan bertatap muka.

3. Memberi waktu anak melihat hiburan di media sosial

Hiburan di media sosial juga bisa menjadi solusi mengatasi kebosanan anak. Namun, penggunaan media sosial tetap dalam pengawasan orang tua.

Anda bisa terlebih dahulu mengatur jenis tontonan yang sesuai dengan anak-anak agar terhindar dari tontonan yang tidak semestinya.

4. Melakukan hal baru

Pada waktu normal, anak-anak belajar di sekolah bersama guru dan teman-temannya. Sebagai orang tua, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk lebih dekat dengan anak.

Anda bisa mengajak anak untuk melakukan eksperimen hal-hal baru yang berasal dari ide orang tua yang belum pernah dilakukan anak di sekolah.

Melakukan hal-hal baru bisa meningkatkan gairah anak dan membuatnya tetap aktif berpikir melakukan hal tersebut.

5. Memasak bersama

Memasak bisa menjadi aktivitas untuk menghilangkan kebosanan saat menjalani social distancing. Membuatkan makanan, melakukan proses memasak bersama, hingga menyantap makanan hasil memasak bersama bisa mengusir kebosanan anak-anak.


Baca juga artikel terkait KEGIATAN SELAMA SOCIAL DISTANCING BERSAMA ANAK atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight