Aksi Demo Buruh Hari Ini, Rute Bus Transjakarta Masih Dialihkan

Oleh: Haris Prabowo - 2 Oktober 2019
PT Transportasi Jakarta masih memberlakukan pengalihan rute di sekitar Gedung DPR/MPR RI terkait dengan aksi unjuk rasa buruh.
tirto.id - PT Transportasi Jakarta masih memberlakukan pengalihan rute di sekitar Gedung DPR/MPR RI terkait dengan aksi unjuk rasa buruh di depan gedung tersebut.

Berdasarkan informasi yang wartawan Tirto terima dari Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo, dalam keterangan tertulis, Rabu (2/10/2019) pagi pukul 07.30 WIB, beberapa rute yang dialihkan sebagai berikut:

1. Rute 1F yakni Bundaran Senayan - Stasiun Palmerah dan 1B yaitu Tosari - Stasiun Palmerah mengalami pengalihan rute dan untuk sementara tidak melewati Halte Senayan JCC, DPR1, dan DPR 2.

2. Rute S41 yaitu Pondok Cabe - Tanah Abang mengalami pengalihan rute untuk sementara tidak melewati Plang bus stop Istora Senayan sampai dengan Museum Tekstil.

Kata Nadia, dari halte bus Plaza Senayan langsung belok ke kanan ke arah FX Senayan kemudian belok ke kiri lanjut pelayanan di rute 1N sampai halte Jaklingko Tanah Abang.

"Dan arah sebaliknya dari Jaklingko Tanah Abang pelayanan di rute 1N hingga Bundaran Senayan lanjut pelayanan normal mengarah ke terminal Pondok Cabe," katanya.

Beberapa halte bus Transjakarta yang tidak dilalui:
1. Istora Senayan
2. Graha Menpora
3. TVRI
4. Taman Ria
5. DPR/MPR 1
6. DPR/MPR 2
7. RS Bakti Mulia
8. Sekolah Lamuel
9. Sekolah Bethel
10. Jalan Petamburan 3
11. Rumah Sakit Pelni
12. Simpang KS Tubun
13. Masjid An-Nur
14. Gedung ATC
15. Museum Tekstil

Untuk koridor 9 rute Pinang Ranti-Pluit, kata Nadia, selepas halte Semanggi bus masuk via tol dan keluar selepas halte Slipi Petamburan. Sedangkan Pluit arah Pinang Ranti normal.

"Halte Senayan JCC dan Slipi Petamburan arah Pluit tidak bisa pelayanan," katanya.

Diketahui, sekitar 30.000 buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Mereka akan menyuarakan sejumlah isu buruh kepada wakil rakyat.


Baca juga artikel terkait DEMO DPR atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri
DarkLight