Menuju konten utama

Adstensity Rilis Data Belanja Iklan Otomotif 2019, Turun 38,07 %

Adstensity merilis data belanja iklan otomotif pada 2019, yang melorot hingga 38,07 persen, dibandingkan tahun lalu.

Adstensity Rilis Data Belanja Iklan Otomotif 2019, Turun 38,07 %
Mobil Mitsubishi Xpander Cross ditampilkan saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (12/11/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama.

tirto.id - Data belanja iklan sektor otomotif pada Januari – Oktober 2019 mengalami penurunan hingga 38,07 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Demikian sebagaimana data yang dirilis oleh Riset iklan televisi Adstensity.

Pada periode Januari – Oktober 2018, belanja iklan naik 50,87 persen dari 2017 dengan nilai Rp943,62 miliar, namun penurunan terjadi pada Januari – Oktober 2019 menjadi Rp584,37 miliar.

"Periode Januari - Oktober 2019, belanja iklan TV produk mobil mengalami penurunan cukup besar, yakni 38,07 persen dari periode sama 2018 Rp943,62 miliar menjadi Rp584,37 miliar. Sedangkan jumlah iklan juga turun 41,74 persen dari 30.135 iklan menjadi 17.558 iklan," demikian keterangan resmi PT Sigi Kaca Pariwara yang menaungi monitoring Adstensity, Jumat (6/12/2019).

Segmen sepeda motor terdapat kenaikan dan penurunan belanja iklan televisi year-on-year periode Januari – Oktober 2017 hingga Januari – Oktober 2019.

Januari – Oktober 2017 mencapai Rp 522,11 miliar dengan jumlah iklan sebesar 19.029 iklan. Periode Januari – Oktober 2018 naik 4,40 persen dari periode sama tahun sebelumnya dengan mencapai Rp 545,11 miliar. Meski demikian, jumlah iklan turun 16,33 persen menjadi 15.922 iklan.

Adapun periode Januari–Oktober 2019 mencapai Rp 470,41 miliar, turun 13,70 persen dari periode sama 2018 yang capai Rp 545,11 miliar. Sedangkan jumlah iklan mencapai 15.114 iklan atau turun 5,07 persen dibandingkan periode sama 2018 yang mencapai 15.922 iklan.

Lima merek mobil belanja iklan TV terbanyak

Periode Januari–Oktober 2019, brand Mitsubishi Xpander mengeluarkan belanja iklan terbesar mencapai Rp113,67 miliar.

Selanjutnya diikuti All New Nissan Livina dengan belanja iklan Rp105,80 miliar. Posisi tiga Wuling Almaz dengan total belanja iklan Rp73,84 miliar.

Posisi keempat Daihatsu Grand New Xenia dengan belanja iklan Rp 61,27 miliar. Urutan lima , All New Suzuki Ertiga dengan belanja iklan Rp39,59 miliar.

Lima merek iklan sepeda motor terbanyak

Periode Januari – Oktober 2019 brand paling besar berbelanja iklan di televisi adalah Yamaha Rp152,58 miliar dan diikuti Honda Genio dengan belanja iklan Rp 87,44 miliar.

Posisi tiga ada Suzuki dengan belanja iklan Rp58,39 miliar. Posisi empat Honda ADV 150 dengan belanja iklan Rp57.05 miliar. Sedangkan posisi lima adalah Honda Vario dengan total belanja iklan Rp39,12 miliar.

Penulis: Tim Media Servis