Adele Turunkan Berat Badan Dengan Diet Sirtfood, Bagaimana Caranya?

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 3 Agustus 2020
Dibaca Normal 2 menit
Diet sirtfood (dari sirtuin) adalah pola makan yang merekomendasikan penganutnya mengonsumsi makanan yang tinggi sirtuin.
tirto.id - Adele ramai menjadi perbincangan publik karena unggahan foto di sosial media Instagram dengan penampilan berbeda.

Dalam unggahan Instagramnya tersebut penyanyi lagu Someone Like You ini terlihat lebih kurus.

"Thank you Queen for always making us all feel so loved through your art," tulis Adele dalam postingan Instagramnya.

Penampilan Adele tersebut lantas mendapat banyak komentar, hingga pukul 10.30 WIB setidaknya lebih dari 3juta orang memberikan like dan lebih dari 40 ribu memberikan komentarnya pada postingan Adele tersebut.

Rupanya, perubahan penampilan Adele tersebut karena ia menjalani metode The Sirtfood Diet.

Dengan metode diet tersebut Adele berhasil menurunkan berat badan kurang lebih hingga 22 kilogram.

Lantas apa sebenarnya The Sirtfood Diet seperti yang dilakukan Adele?


Diet sirtfood (dari sirtuin) adalah pola makan yang merekomendasikan penganutnya mengonsumsi makanan yang tinggi sirtuin.

Sirtuin adalah jenis protein yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Selain itu, sirtuin juga diyakini dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam membakar lemak, produksi energi, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Sirtuin terdapat dalam makanan yang mengandung polifenol. Laman resmi The Sirtfood Diet menuliskan bahwa polifenol akan memberi tekanan ringan pada sel tubuh yang akan menyalakan gen yang meniru efek puasa dan olahraga.

Dengan menggunakan pola diet ini, tubuh akan memulai penurunan berat badan tanpa mengorbankan otot sembari meningkatkan kualitas kesehatan dengan optimal.

Kangkung, coklat, dan anggur merah merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan polifenol.

Metode sirtfood diet ini disebut juga dengan Mediteranian diet. Berdasarkan sebuah penelitian, sirtfood diet terbukti memiliki efek yang sama bila dibandingkan dengan metode pembatasan kalori dalam upaya penurunan berat badan.

Lebih jauh, penelitian tersebut menuliskan bahwa strategi diet ini merupakan pola yang menjanjikan dalam mencegah penyakit kronis sehingga memastikan kesehatan dan penuaan yang sehat.

Bagaimana cara melakukan The Sirtfood Diet seperti Adele?



Jika Anda tertarik untuk melakukan diet ala Adele ini, berikut adalah panduan yang perlu Anda lakukan dilansir dari The Sirtfood Diet:

1. Fase 1 berlangsung selama tujuh hari. Tiga hari pertama, Anda harus mengonsumsi jus hijau sirtfood dan satu makanan lengkap yang kaya akan sirtuin.

Kedua kombinasi tersebut sebaiknya memiliki kurang lebih 1000 kalori. Pada hari ke empat hingga tujuh, tambah asupan kalori hingga 1500 dengan mengonsumsi dua jus hijau dan makan dua kali sehari.

2. Fase 2 berlangsung selama 14 hari yang disebut dengan fase pemeliharaan. Fase tersebut dimaksudkan untuk membantu menurunkan berat badan dengan baik.

Pada kali ini, Anda dibebaskan untuk menyantap 3 makanan yang seimbang setiap hari ditambah dengan satu gelas jus hijau yang kaya akan sirtuin. Kedua fase ini dapat diulang kapan saja Anda suka untuk menambah lemak.

Jus hijau yang dikonsumsi harian adalah kunci dari diet sirtfood ini. Anda dapat mendapatkan satu gelas jus hijau dengan matcha (teh hijau bubuk).

Jika terdapat kesulitan dalam mendapatkannya, coba alternatif lain yaitu soba. Soba adalah salah satu jenis mi Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda.

Jika kesulitan, gantilah kedua bahan tersebut dengan menggunakan buah atau sayur yang kaya akan sirtuin seperti peterseli, coklat, dan sebagainya.

Saat sarapan, cobalah untuk mengonsumsi yogurt kedelai dengan campuran beri, kenari cincang, dan coklat hitam. Bisa juga untuk mengonsumsi telur dadar dengan sawi putih dan seledri.

Saat makan siang, sangat cocok untuk mengonsumsi salad sirtfood. Namun, konsumsilah roti kandum yang diisi dengan daging kalkun atau keju jika Anda menginginkan karbohidrat.

Banyak jenis diet yang memberi pantangan bagi penganutnya untuk makan malam. Namun dengan metode diet sirtfood ini, setiap orang dapat bebas untuk makan malan dengan udang tumis dengan kale, atau mie soba sebagai pilihan.

Jika ingin pizza dalam menu makan malam, makanlah selama pizza tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang kaya akan sirtuin.

Berikut daftar 18 makanan yang bisa Anda konsumsi saat menjalani metode diet ini dilansir Healthline.

- Kubis
- Anggur merah
- Stroberi
- Bawang
- Kedelai
- Peterseli
- Minyak zaitun extra virgin
- Cokelat hitam (85% kakao)
- Matcha green tea
- Soba
- Kunyit
- Kacang kenari
- Arugula (roket)
- Cabai
- Sawi putih merah
- Bluberi
- Capers
- Kopi


Baca juga artikel terkait ADELE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight