tirto.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan ruang bermain untuk anak di Stasiun Gambir, Senen dan Cikarang. Kahumas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa menuturkan, ruangan itu dibuat untuk memberikan solusi dan mengurangi beban psikologis pada anak saat menunggu kereta.
Dia menjelaskan pemberian fasilitas tersebut merupakan salah satu peningkatan pelayanan pada momen libur natal dan tahun baru (Nataru). Mulai dari perluasan area dan penambahan jenis perangkat aktivitas bermain untuk anak seperti di Stasiun Pasar Senen dan Cikarang. Lalu juga, termasuk menyediakan permainan digital atau Playstation (PS) di Game Station, Stasiun Gambir.
“Peningkatan ini karena kita memanfaatkan momen libur Natal dan Tahun Baru ya, agar penumpang yang membawa anak kecil tidak jenuh dan bisa menikmati fasilitas yang kami sediakan sambil menunggu keberangkatan KA,” kata Eva Chairunisa kepada Tirto, Jakarta, Kamis (29/12/2022).
Tetapi, demi keamanan dan keselamatan anak saat bermain, orang tua tetap harus bertanggung jawab penuh untuk mengawasi anaknya saat bermain. Kemudian, tidak lupa untuk para orang tua agar selalu menjaga kebersihan disekitar area bermain anak, dan PT KAI Daop 1 secara rutin akan disinfeksi area bermain anak.
Lebih lanjut, dia menjelaskan pada masa Nataru 2022/2023 ketiga stasiun tersebut menjadi yang cukup padat dikunjungi oleh masyarakat. Baik itu untuk KA jarak jauh maupun KA lokal. Periode Nataru ini, PT KAI Daop 1 memprediksi peningkatan penumpang hingga dua kali lipat dari tahun lalu.
PT KAI Daop 1 mencatat, sebanyak 390 ribu tiket terjual pada masa nataru 22 Desember sampai 8 Januari 2023. Jumlah tersebut akan terus meningkat, mengingat penjualan tiket pada 8 Januari 2023 masih dijual.
Sementara itu, volume keberangkatan dan kedatangan pada Kamis 9 Desember 2022, mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Totalnya mencapai 32.800 penumpang berangkat dari area Daop 1 Jakarta.
Kemudian, dari jumlah total tersebut ada sekitar 19.800 penumpang keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen dan 13.000 penumpang lainnya berangkat dari Stasiun Gambir. Meskipun mengalami sedikit penurunan dibandingkan pada 23 Desember dan 24 Desember, jumlah tersebut masih mengalami kenaikan dibanding volume normalnya yang mencapai 20 ribu penumpang.
"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih," pungkasnya.
Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya untuk menghindari resiko tertinggal KA.
Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket.
Penulis: Hanif Reyhan Ghifari
Editor: Intan Umbari Prihatin