Pandemi COVID-19

9 Polisi DIY yang Tempuh Pendidikan SIP di Sukabumi Positif Corona

Oleh: Irwan Syambudi - 12 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto mengatakan dari sembilan orang yang positif COVID-19 tersebut, satu orang telah dinyatakan sembuh dan delapan sedang dirawat.
tirto.id - Sembilan polisi Polda Daerah Istimewa Yogyakarta yang sedang menempuh Sekolah Inspektur Polisi (SIP) positif terinfeksi COVID-19. Mereka sebelumnya menjalani pendidikan di Sukabumi, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, Jumat (12/6/2020) mengatakan dari sembilan orang yang positif COVID-19 tersebut, satu orang telah dinyatakan sembuh dan delapan sedang dirawat.

Sembilan orang yang positif COVID-19 itu merupakan bagian dari 19 orang polisi yang mengikuti pendidikan SIP di Sukabumi. Mereka merupakan polisi yang bertugas di wilayah hukum Polda DIY.

Karena situasi pandemi, pada April lalu 19 orang tersebut dipulangkan ke Polda masing-masing. Mereka dipulangkan untuk belajar secara daring di Sekolah Polisi Negara (SPN) Selopamioro Bantul.

Setelah sampai di SPN mereka dilakukan rapid test.

Rapid test pertama 14 orang non-reaktif, lima reaktif. Dari lima reaktif dilakukan swab hasilnya negatif semua. Rapid test kedua hasilnya 16 orang non-reaktif, tiga reaktif.

"Dari tiga reaktif kemudian diswab dan hasilnya satu positif [Covid-19] sehingga di rawat di RS Bhayangkara. Saat ini sudah sembuh," kata Yuliyanto.

Kemudian rapid test ketiga hasilnya sembilan orang reaktif. Sembilan itu kemudian dilakukan swab test pada 9 Juni 2020.

"Diswab dan hasilnya delapan positif [Covid-19]. Saat ini sudah ada di RS Bhayangkara," kata Yuliyanto.

Delapan orang yang positif itu diumumkan oleh Pemda DIY pada hari ini, Jumat (12/6/2020).

Selain delapan orang polisi terdapat dua orang lain sehingga total tambahan positif Covid-19 di DIY hari ini sebanyak 10 kasus.

Sementara untuk laporan kasus sembuh terdapat satu kasus yakni kasus 74, laki-laki, 54 tahun asal Kota Yogyakarta. Dengan tambahan tersebut maka total kasus sembuh sebanyak 196.

Untuk laporan pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal menunggu proses laboratorium uji swab ada dua orang yakni Laki laki, 81 tahun dan Perempuan, 39 tahun. Keduanya berasal dari Kota Yogyakarta.

Hingga saat ini di Yogyakarta tercatat terdapat 1.685 PDP. Sebanyak 262 PDP dinyatakan sebagai kasus konfirmasi positif Covid-19, delapan di antaranya meninggal dunia. Dan 1.264 negatif Covid-19.

Sedangkan PDP yang masih menunggu hasil tes swab berjumlah 158 orang, 23 orang di antaranya telah dinyatakan meninggal dunia.

Sampai hari ini total orang dalam pengawasan (ODP) sebanyak 7.102 orang.



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Abdul Aziz
DarkLight