7 Militer Aktif & PNS TNI Meninggal Terjangkit Corona COVID-19

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 15 April 2020
Anggota TNI Angkatan Laut dan Angkatan Darat yang meninggal karena COVID-19, berprofesi sebagai dokter militer.
tirto.id - Sebanyak 7 anggota militer aktif dan PNS TNI meninggal dunia positif Corona COVID-19. Rinciannya: 4 orang di TNI Angkatan Darat, 1 Angkatan Laut, dan 2 Angkatan Udara.

Pemaparan terkait hal ini, disampaikan secara terpisah oleh masing-masing pemimpin matra. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan, di TNI-AD terdapat 463 kasus COVID-19.

"285 di antaranya militer aktif. 178 di antaranya PNS," kata Andika dalam rapat bersama Komisi I DPR RI, Rabu (15/4/2020).

Dari seluruh personel yang terjangkit, empat di antaranya telah meninggal dunia. Rinciannya: Satu orang anggota TNI aktif dan tiga lainnya berstatus PNS.

"Dua di antaranya tenaga medis. Satu di antara dua tenaga medis ini, meninggal kemarin Sabtu malam," tuturnya.

Sedangkan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Adji menambahkan, terdapat satu anggota TNI-AL yang meninggal dunia karena terjangkit Virus Corona.

"TNI Angkatan Laut aktif selaku dokter satu orang," kata Siwi. Di luar militer aktif, terdapat delapan delapan purnawirawan dan keluarga TNI yang meninggal dunia.

Kemudian Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna menjelaskan, terdapat 25 anggota militer aktif TNI-AU positif terjangkit COVID-19.

"Dari yang positif tersebut meninggal 2 orang, militer aktif," kata Yuyu.

Sedangkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, terdapat 1.187 kasus COVID-19 di TNI. Kini, terdapat 55 orang yang masih terjangkit Virus Corona COVID-19. Selain itu 190 orang anggota TNI menjadi pasien dalam pengawasan (PDP).

"Ini setiap hari kami update. Kami juga terus update data untuk masyarakat karena TNI memiliki jaringan sampai ke desa-desa," kata Tjahjanto.




Baca juga artikel terkait UPDATE CORONA atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Dieqy Hasbi Widhana
Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight