7 Cara Mengecilkan Celana Jeans dengan Mudah yang Bisa Dicoba

Kontributor: Cicik Novita, tirto.id - 2 Mei 2023 12:14 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara terbaik untuk mengecilkan celana jeans di antaranya menggunakan dry ice hingga hindari pelembut pakaian.
tirto.id - Trend fashion memakai celana jeans telah ada sejak lama dan seperti tidak ada habisnya. Walau awalnya diciptakan untuk atribut pekerja kasar, namun kini jeans telah bertransformasi menjadi fashion yang cocok dipakai dalam suasana apapun.

Meski begitu, setelah digunakan dalam jangka waktu lama, umumnya celana jeans akan melar sehingga tidak pas lagi dengan ukuran pinggang. Hal itu terjadi karena bahan jeans memang bersifat fleksibel, terutama jika sudah belel atau lama dipakai.

Guna mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara mudah untuk kembali mengecilkan celana jeans yang melar agar terasa nyaman dan pas di pinggang serta paha. Dengan trik sederhana ini, maka Anda bisa memperoleh celana jeans yang terasa seperti baru.


7 Cara Terbaik untuk Mengecilkan Celana Jeans



Butuh alat dan bahan sederhana untuk mengecilkan kembali ukuran celana jeans yang sudah melar dan tidak pas di pinggang serta pantat. Berikut beberapa caranya seperti dilansir dari laman Stylecraze,

1. Setrika

Guna membuat ukuran celana jeans kembali mengetat, setrika jeans ketika kondisinya masih setengah kering. Caranya, basahi dengan air panas area jeans yang melar. Misalnya pada bagian pinggang, paha serta lutut.

Setelah itu setrika bagian jeans yang basah tersebut dengan setelan untuk bahan ‘cotton’. Hindari meletakkan setrika di satu area dalam waktu lama, namun selalu gerakan setrika maju mundur.

Angin-anginkan jeans hingga kering usai disetrika, agar dapat disimpan atau dikenakan langsung.

2. Gunakan dry ice

Dry ice atau es kering dapat juga dipakai untuk mengecilkan atau mengerutkan jeans. Caranya, ambil celana jeans lalu masukan dalam kantong plastik. Selanjutnya kantong tersebut masukkan lagi dalam kantong lain dan beri beberapa bongkah dry ice. Tutup hingga rapat.

Diamkan beberapa jam hingga celana jeans menyusut, lalu keluarkan dan coba kembali ukurannya. Jika masih terasa longgar, lalukan lagi cara seperti di atas.

3. Masukkan dalam pengering

Dilansir dari laman Instyle, mesin pengering dengan suhu panas dapat menyusutkan kain. Jadi cara tercepat dan mudah untuk mengecilkan ukuran jeans adalah mencucinya dengan deterjen, lalu memasukkan dalam pengering bersuhu tinggi.

4. Pakai ketika mandi

Cara ini mungkin sedikit tidak umum. Siapkan bak mandi dengan air panas atau shower atau bathtub bersuhu panas. Mandilah dengan mengenakan celana jeans tersebut. Jangan gunakan sabun mandi karena dapat membuat warnanya memudar.

Berendam hingga suhu air menjadi turun, lalu keluarlah. Jangan lepaskan celana jeans hingga mengering dan ukurannya pas dengan ukuran tubuh Anda.


5. Metode freezer

Freezer pada lemari pendingin juga dapat dimanfaatkan untuk mengerutkan ukuran celana jeans. Caranya mudah saja. Cukup masukan celana jeans ke dalam freezer kulkas dan diamkan semalaman. Esok paginya, keluarkan dan coba pakai. Celana telah menyusut dibanding sebelumnya.

6. Direbus

Masukkan celana jeans dalam air bersuhu 70 derajat celcius. Jangan lebih dari suhu itu karena dapat merusak kain. Bolak balikkan celana hingga semua bagian rata terkena panasnya. Biarkan hingga 20-30 menit lalu angkat dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.

7. Hindari pelembut pakaian

Jangan memberikan pelembut pakaian ketika mencuci bahan jeans karena dapat membuatnya melar dan lemas. Fungsi pelembut pakaian adalah melembutkan kain. Jadi ketika mencuci celana jeans, hindari memberikan pelembut.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita


Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight