Menuju konten utama

5.151 Personel Dikerahkan untuk Amankan HUT ke-79 RI di IKN

5.151 personel aparat gabungan itu dikerahkan untuk pengamanan VVIP pelaksanaan perayaan hari ulang tahun Indonesia perdana di Nusantara.

5.151 Personel Dikerahkan untuk Amankan HUT ke-79 RI di IKN
Sejumlah anggota TNI mengecek kondisi lapangan Istana Negara IKN jelang pelaksanaan upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (16/8/2024). Upacara peringatan HUT kemerdekaan RI tahun ini diadakan di dua tempat yaitu di Istana Merdeka, Jakarta, dan di Ibu Kota Nusantara (IKN). ANTARA FOTO/Fauzan/YU

tirto.id - Sekitar 5.151 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan acara kenegaraan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT ke-79 RI) di Istana Negara Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

"Kami lakukan apel gelar pasukan untuk pastikan kesiapan pengaman acara kenegaraan di ibu kota baru Indonesia," ujar Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, Marsdya TNI M. Khairil Lubis di Penajam, Kalimantan Timur, Jumat (16/8//2024) sebagaimana dikutip Antara.

Apel gelar pasukan pengamanan very very important person (VVIP) tersebut digelar di lapangan Mangga Dua di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Satuan dapat tugas untuk operasi pengaman VVIP hari ulang tahun Indonesia perdana di Kota Nusantara," jelas Khairil.

Khairil meminta kepada aparat yang memiliki naluri intelijen selalu waspada meski situasi terlihat aman. Ia mengingatkan bahwa situasi keamanan bisa berubah menjadi tidak terprediksi secara cepat sehingga setiap personel harus responsif menyikapi perkembangan tersebut.

Khairil juga menekankan bahwa kondisi aman tidak bisa diciptakan secara mandiri sehingga perlu integrasi antar instansi TNI, Polri, pemerintah maupun masyarakat agar peringatan kemerdekaan Indonesia menjadi istimewa.

Mantan Aslog KSAU ini meminta personel gabungan melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional, serta ikuti aturan dan hukum yang berlaku.

Ia juga meminta anggota yang bertugas untuk mengikuti setiap perkembangan situasi, tidak pernah lengah dan responsif terhadap setiap gangguan atau ancaman.

"Tingkatkan selalu koordinasi untuk wujudkan integrasi dan integritas antar instansi dan kerahkan kemampuan untuk laksanakan tugas," katanya.

Personel pengamanan bertugas mencegah, menghindari dan menghadapi segala ancaman yang mungkin dapat mengganggu kegiatan upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di ibu kota baru Indonesia, Nusantara.

Baca juga artikel terkait HUT RI 2024

tirto.id - Politik
Sumber: Antara
Editor: Andrian Pratama Taher